Hari Ketujuh #Malta

Selasa, 7 Juni 2016.

Hari ke tujuh dalam pelaksanaan European Workshop. Hari ini adalah hari terakhir dimana kami harus mengisi kolom-kolom data apa saja yang sudah kami dapatkan. Setelah semua data secara umum sudah tertuliskan di lembar kertas kemudian kami melanjutkan agenda selanjutnya yaitu melakukan brainstorming terhadap ide-ide atau isu apa saja yang telah berkembang dan patut untuk diangkat untuk dijadikan bahasan dan cerita menarik dalam bidang policy, public perception, consumption, production dan ecological risk assessment.

Saya berada dalam expert group bidang policy alias kebijakan. Hal ini cukup saya pikirkan matang-matang sebelum memilih pertama kali. Hasilnya sebagai jawaban dari tingkat penasaran saya terhapad policy akhirnya saya join lah dengan group ini. Kami melakukan brainstorming dengan menuliskan semua isu yang menarik yang kami temui di lapangan. Selanjutnya kami mencoba menyusun seperti puzzle-puzzle  untuk menjawab pertanyaan yang telah kami buat di research questions. Akan tetapi, seiiring berjalannya konsultasi, ternyata kami melewati tahapan penting untuk menemukan cerita dibalik policy  yang ada terkait dengan fish consumption and production in Malta. 

Beruntungnya, kelompok saya cukup cepat tanggap dalam melakukan maneuver pola pikir. Kami segera menempel-nempelkan kembali kartu post it yang sudah ada dan mencoba menyusunkan untuk menjadi satu red thread cerita menarik tentang kebijakan. Alhasil kami mendapatkan lima tema utama yakni legislasi, pelaksanaan, knowledge gaps, formal dan informal communication. Setelah melakukan konsultasi ternyata apa yang telah kami buat berada di track yang benar. Setelah melakukan presentasi singkat kurang lebih 5 menit setiap kelompok, kami break  makan siang. Dilanjutkan kembali pukul 2.30 untuk menyusun strategi selanjutnya dan merancang agenda berikutnya untuk analisis.

  WP_20160607_17_17_14_Raw_LI

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *