Hari Kedua #Malta

2 Juni 2016. Hari kedua, saya terbangun pukul 4.55am disaat langit masih gelap. Namun kicauan burung mulai siyup siyup saling bersahutan. Malas-malasan saya bangun dan segera mengambil wudhu untuk sholat shubuh. Selepasnya sholat shubuh saya mandi dan berganti pakaian bersiap-siap untuk sarapan serta berangkat melaksanakan amanah dalam projek di Malta ini.

Hari ini, saya memiliki tiga jadwal wawancara dengan Prof. Schrembri, Prof. Chirchop dan Dr. Julians dari Universitas Malta. Beliau merupakan salah satu ahli di bidang Marine Biologist dan History of Mata. Memiliki kesempatan wawancara dengan beliau yang sudah menyandang status profesor membuat saya merasakan kebahagiaan tersendiri, karena beliau terlihat sangat wise dengan ilmu yang telah beliau miliki. Benar apa adanya bahwa padi semakin berisi semakin merunduk. Hanya padi yang kosong yang semakin menenggak.

Ada hal menarik saat melakukan interview dengan beliau yakni mendengar beberapa pendapat-pendapat dan jawaban yang beliau berikan atas pertanyaan yang kami tanyakan. Alhamdulillah mendapatkan kesempatan bertemu dan berbincang dengan beliau-beliau para orang hebat. Semoga kelak ke depan bisa belajar seperti beliau. Aaamiin. Statement beliau tentang negara Malta adalah negara kecil dan dengan bergabungnya Malta ke dalam European Union membuat Maltese (penduduk Malta) sendiri menjadi seperti terasingkan di negeri nya. Mengatur negara seperti kehendak piak-pihak yang berkuasa di EU. Laut Malta memang merupakan bagian dari laut Mediterania yang di atur oleh EU dan beberapa aturan dari Mediterania lainnya. Akan tetapi ulasan dari sang profesor bahwa nelayan Malta (small scale fisheries) tidak mempunyai masalah, yang mempermasalahkan adalah tingkat EU karena mereka punya kepentingan dari diaturnya Malta sesuai dengan regulasi yang telah dianulir dan disahkan. Sama seperti Indonesia mungkin, ada beberapa kasus yang terlihatnya ingin menolong negara kita, akan tetapi di baliknya ada sisi lain yang ingin dikuras.

Setelah melakukan interview saya melanjutkan melakukan survey tentang pendapat publik akan seafood consumption and production hingga sore harinya.

IMG_0182

IMG_0187

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *