Kelas Akulturasi Belanda

Mengikuti kelas akulturasi Belanda yang diadakan oleh Erasmus Taalcentrum yang beralamatkan di J.l. H.R. Rasuna Said Kav S-3, Jakarta 12950 – Indonesia merupakan salah satu paket sebelum memulai studi di Belanda, negeri kincir angin orang mengenalnya.

Program ini diadakan gratis selama 8 hari aktif dengan modul 1-8 (A dan B) yang meliputi cultuur dan taal (budaya dan bahasa), lebih ditekankan ke budaya. Pembelajaran di mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00, disambung kembali pada pukul 13.00 hingga 16.00. Berbekal pengetahuan akan bahasa belanda 0, sekian % saya pun turut tergabung dalam kelas 6B di ruang 8.

Ada tiga guru yang mengajarkan kami di kelas secara bergantian yaitu Ibu Ninuk, Ibu Jovanka dan Bapak Wawan. Beliau mengajarkan dengan teknik yang mudah untuk dimengerti, karena yang kami terima merupakan paket praktis perkenalan budaya dan bahasa. Cara penyampaian pembelajarannya pun efektif, mulai dari praktek antar teman sekelas, lagu hingga video pun ada.

Akan tetapi, bagi saya yang pengetahuan akan bahasa yang 0, sekian % tadi. Saya merasakan pembelajaran yang cukup cepat alhasil ada sebagian pembelajaran yang saya mengerti dan tidak. Hal ini dapat diatasi dengan mengulang kembali pelajaran yang telah dilaksanakan pagi dan siang hari nya pada malam hari yang cukup efektif. Kemudian, kawan-kawan juga bisa merapikan dan menyalin ulang catatan selama di kelas yang cukup membantu mengingat at least selama proses pembelajaran.

Inilah kami, kelas 6B dengan Ibu Ninuk.

6tag_240615-222616

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *