Keunikan yang hanya dimiliki orang Indonesia!

Tulisan ini baru bisa terselesaikan setelah tertunda 7 hari untuk dipublikasikan. Menurut saya ada beberapa keunikan yang hanya dimiliki oleh-oleh makhluk-makhluk berdarah Indonesia. Saya akan uraikan satu persatu (akan ada pro dan kontra memang dalam tulisan ini, namun tulisan ini dibuat agar kita bisa bercermin dan menanyakan kepada diri kita sendiri selaku orang Indonesia, apakah benar demikian adanya?).

  1. Selalu bersyukur
    Banyak kita jumpai orang Indonesia berkata “untung…”, Mungkin karena memang penganut umat beragama yang baik sehingga setiap kejadian apapun selalu diambil keuntungannya. Walaupun itu misalnya menyangkut kehilangan uang, pekerjaan, sanak saudara bahkan sesuatu yang berharga bagi dirinya sendiri, orang Indonesia selalu bilang UNTUNG. 

    Sumber: jokosusilo.com

    Sumber: jokosusilo.com

    Namun, hal ini tak jarang kadang disalah artikan juga misalnya “jika ada orang yang telat atau tidak tepat waktu dalam menghadiri pertemuan yang telah dijanjikan“. Maka kadang diselubungi dengan kata “untung saya bisa datang… untung a, b, c”. Sehingga makna untung mengalami pelunturan dan penggerusan arti bahasa.

  2. Selalu santai
    Tentulah tak jarang kita mendengarkan pertanyaan “santai saja, Belanda masih jauh…” atau “santai saja, diburu apa sih?…” atau “selow bro…” dan berbagai ungkapan santai lainnya yang kerap kali menjadi kosakata dalam kehidupan sehari-hari. Lagi-lagi penyalahgunaan memang

    Sumber: www.keepcalm-o-matic.co.uk

    Sumber: www.keepcalm-o-matic.co.uk

    Sumber: www.keepcalmstudio.com

    Sumber: www.keepcalmstudio.com

    sering dipraktikkan, dalam skala kecil sekalipun. Bukankah dalam agama (Islam) mengajarkan bahwa “jika telah selesai dengan satu urusan, maka selesaikanlah urusan yang lain” yang bisa saya artikan secara superfisial bahwa kita dianjurkan agar tidak santai. Kemudian bisa ditambahkan bahwa “demi masa sesungguhnya manusia kerugian, melainkan yang beriman dan beramal shaleh“. Menuru saya juga bahwa orang yang beriman dan beramal shaleh bukanlah orang yang dengan santai menjawab “selow bro, masih ada hari esok (untuk mengerjakan pekerjaannya)”. Nah sekarang dipikir sendirilah, makna santai yang diterapkan di Indonesia itu bagaimana kebanyakan praktek nya. Baik jika pernyataan santai digunakan ketika ketika dalam menghadapi masalah dan kita menyelesaikannya dengan santai “artian kepada dingin”. Kalau makna yang diterapkan seperti kebanyakan contoh negatif bagaimana? 

  3. BULE itu kkuatannya LUAR BIASA BAGI MASYARAKAT INDONESIA
    Pada umumnya, masyarakat Indonesia kebanyakan masih sangat tidak terbiasa dengan hadirnya warga negara asing atau yang akrab disapa dengan “bule”. Kejadian seperti ini juga secara langsung dan tidak sengaja saya alami ketika melakukan penelitian di salah satu Desa di Jawa Tengah. Tahun sebelumnya teman saya yang berdarah “bule” asli yang datang ke tempat tersebut. Sehingga begitu saya yang datang, hal unik yang saya temui yakni, “wah kok tidak berambut pirang, wah kok tidak berkulih putih, bermata biru…“. Kemudian obrolan selanjutnya adalah tentang si “bule” yang terkesan sangat diagungkan oleh masyarakat setempat. Ya kurang lebih jadinya beginilah

    Sumber: www.keepo.me

    Sumber: www.keepo.me

  4. KEPO tingkat Dewa!
    Tahu dan sudah familiar pastinya dengan istilah KEPO, jangan bilang yang sering menggunakan kata ini tidak tahu kata KEPO singkatan dari apa. Jika banyak yang bilang masyarakat kota kebanyakan lebih cuek yang cenderung apatis, maka tebaklah bahwa di Desa masyarakatnya memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi alias KEPO.

    Sumber: aditw.com

    Sumber: aditw.com

    Tingkat keingintahuan masyarakat Indonesia kebanyakan masih cenderung ke arah keingintahuan “negative”. Mengapa demikian? Pertama, yang mereka ingin ketahui adalah kehidupan pribadi sesorang mulai dari “si a pergi dengan siapa, pulang jam berapa” hingga ke urusan “si a pendapatannya perbulan berapa”. Well, menurut saya kadang hal ini sangat bersifat privasi sehingga tidak perlu ditanyakan jika kita belum mengenal baik secara personal.

Sekian dulu cerita tentang keunikan yang hanya dimiliki orang Indonesia, nanti akan bersambung lagi ya reader 🙂

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *