Lomba Hari Nelayan Nasional 2016

Tertanggal 3 Mei 2016 pengumuman lomba esai yng sempat saya ikuti telah ter-publish di sosial media whatsapp. Pagi itu saya merasakan cukup sedih dan mulai menghitung untuk kali ke-empat karya yang saya kirimkan dalam bentuk tulisan telah gagal dinyatakan sebagai finalis apalagi pemenang. Hal ini saya yakini bahwasanya saya harus lebih banyak belajar dan lebih sering mengikuti serta mengirimkan karya-karya lainnya. Meyakinkan bahwa meskipun telah terbiasa menjadi finalis dan bahkan menang dalam kompetisi sejenis (semasa S1) bukan berarti akan mudah untuk sekarang. Hingga pada malam harinya, terjadi perubahan keputusan oleh panitia dan karya saya di anugerahi sebagai juara Ke-tiga :).

Saya menjadi ingat ketika SMA, saat pertama kali mengikuti karya ilmiah remeja. Beberapa kali saya mengalami kegagalan, mulai dari kabar penolakkan hingga tak ada kabar sama sekali terhadap lomba yang saya ikuti. Akan tetapi, ada satu saat saya mendapatkan kehormatan untuk presentasi dan menjadi finalis hingga mendapatkan gelar honorable mention untuk pertama kalinya di SMA.

Mengikuti lomba bukan saya tujukan untuk menang dan mendapatkan hadiahnya. Akan tetapi, mengikuti lomba menurut saya adalah bukti bahwa seseorang masih aktif dalam berkarya melalui tulisan, pemikiran hingga berniat untuk menuliskan karyanya hingga dibaca orang lain (dewan juri) setidaknya. Secara pribadi, sekarang saya sangat ingin dan sedang menargetkan untuk bisa mengikuti kompetisi yang tidak hanya sebatas selesainya lomba selesai. Akan tetapi yang bisa dilaksanakan keberlanjutannya hingga bisa terpublikasi menjadi satu artikel ilmiah. Aaamiin

Dalam rangka menuju goal tersebut saya memulai untuk mengikuti lomba yang berhubungan dengan artikel ilmiah (semi ilmiah dan popular). Ketika saya mendapati pengumuman tentang lomba esai tentang Hari Nelayan Nasional 2016, lebih dari tiga hari saya memikirkan dan berulang membaca persyaratan dan tema yang panitia berikan. Hingga akhirnya, saya mengirimkan karya dengan judul: Patroli Nelayan (PAHLAWAN) Lokal untuk Keamanan Nasional  dan alhamdulillah diberikan kesempatan untuk menjadi Juara Ke-3.

fjj

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *