Marine Science Technology (MST) ( 9 March – 9 June) 2015

Marine Science Technology (MST) Training adalah program intensif selama 3 bulan kerjasama antara FPIK IPB dan DAAD Germany. Kegiatan ini ditujukan untuk senior (final year)/graduate and goverment/peneliti/S3 dan atau bagi siapapun yang ingin meningkatkan dan memperluas ilmu ppengetahuan nya di bidang teknologi dan ilmu kelautan. Training ini merupakan international training yang dalam pelaksanaanya menggunakan bahasa internasional (english).

Adapun materi yang tercover dalam kegiatan ini sangatlah padat mulai dari oseanografi, biologi, ekologi, ekonomi, penangkapan, konservasi dan lainnya yang terkait dengan pengembangan teknologi dan ilmu kelautan.

Kegiatan MST sebenarnya sudah saya incar sejak tahun lalu, 2014. Saya sudah mendaftarkan diri menjadi salah satu participant dengan melalui beberapa tahap meliputi registrasi (seleksi administrasi) dan wawancara. Namun, apa daya setelah pengumuman diterima nya saya sebagai salah sat peserta ada kendala amanah lain yang harus saya dahulukan. Pada 2014 saya tidak bisa mengikuti kegiatan MST.

Tidak berhenti sampai distu, saya pun tetap bersemangat memantau informasi dan pada akhirnya saya mengikuti MSTCareer Skills, program intensif dua minggu pelatihan.

Pada tahun 2015, ketika saya melihat pengumuman launching tentang MST 2015.
MST Flyer

MST Flyer

Saya segera meregistrasikan diri untuk kali kedua. Setelah pengumuman saya melihat nama saya ada di list untuk melakukan tahap wawancara. Namun kemudian saya melihat update informasi bahwa nama saya sudah tidak harus melewati wawancara dan telah dinyatakan lolos sebagai MST Participant di 2015. Hal ini mungkin dikeranakan saya sudah pernah mengikuti seleksi tahun lalu (meski tidak bisa bergabung) dan saya telah mengikuti MSTCareer Skills.

Selama 3 bulan proses berjalannya MST, di sela-sela pelatihan kami diberikan beberapa tugas layaknya seorang mahasiswa melaksanakan kuliah. Diberikan materi oleh dosen, review journal, berdiskusi dan mempresentasikan nya.

Saya menemukan keluarga di MST 2015, berikut nama-nama keluarga baru saya di MST 2015:
1. Boimin
2. Divo A. Noercahyo
3. Juraij
4. Khairunnisa Assidqi
5. Livia I. Innonchyka
6. Mariana D.B. Intan
7. Muhammad Reza Faisal
8. Nesha K. Ichida
9. Nurlita Putri Anggraini
10. Ribka Grace Ria Munthe
11. Shabrina Octaviani
12. Titan Budi Setiawan
13.Wahyu Adi Setyaningsih

MST Family

MST Family

Berikut cuplikan dari pembukaan MST 2015:

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *