Papua kali ke-empat, lagi…lagi…dan lagi

Tidak terpikirkan dapat berjumpa ke Papua untuk ke empat kalinya. Tidak bekerja di Papua dan tidak ada pekerjaan yang mengharuskan saya pergi ke Papua. Namun, sudah tertulis dan mungkin merupakan sebuah petunjuk-petunjuk kecil untuk ke Papua. Pembukaan penerimaan proposal penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengikuti ekspedisi Nusa Manggala dilakukan pada Juni 2018. Ekspedisi Nusa Manggala 2018 diadakan untuk mengumpulkan informasi baik secara biologi, ekologi, oseanografi, sosial, ekonomi maupun budaya di pulau-pulau kecil terluar di Indonesia yakni meliputi provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

Berbekal waktu terbatas dan komunikasi via internet dan telepon, saya dan rekan saya akhirnya dapat menyelesaikan proposal dan ikut berpartisipasi mengirimkan karya kami kepada panitia. Pertengahan Juli 2018, saya mendapatkan pesan singkat dari Pak Gede, yang mengucapkan selamat atas terpilihnya untuk mengikuti kegiatan ekspedisi Nusa Manggala LIPI. Disusul sesaat kemudian ada juga pesan dari Bu Ledhy yang melampirkan file pdf serupa. Wah, saya sendiri belum mengetahui informasi ini dan belum menerima email secara resmi oleh panitia. Namun demikian, file pdf yang dilampirkan baik oleh Pak Gede ataupun Bu Ledhy telah memiliki tanda tangan dan cap resmi dari LIPI terkait pengumuman proposal terpilih.

Alhamdulillah di bulan penutupan 2018, saya berkesempatan untuk bergabung dalam kegiatan Ekspedisi Nusa Manggala dan mengunjungi Papua untuk kali keempatnya. Bersyukurnya lagi, keempat-empatnya kunjungan saya ke Papua, menuliskan cerita yang sama indahnya 🙂

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *