Pembelajar dalam EMBRIO Internasional Simposium

 

Mendapatkan notifikasi dari panitia bahwasanya tim kami dapat hadir untuk mempresentasikan hasil penelitian dalam acara EMBRIO Internation Symposoium tentunya membuat saya senang. Akan tetapi, tim saya tidak bisa hadir sehingga jadilah saya yang mewakilkannya. Sebagai perwakilan dari tim tentunya memiliki amanah yang cukup berat menurut saya. Selain harus memberikan yang terbaik (wajib) dalam presentasi juga membawa nama tim terhadap hasil penelitian juga harus demikian.

Jadilah saya tiba di Bogor pada 15 November 2017. Keesokan harinya, saya sudah bersiap berangkat dengan menggunakan jasa transportasi online, saya menuju ke lokasi seminar akan berlangsung. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 50 menit. Alhamdulillah saya tiba tepat pada waktunya, sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh panitia. Namun, di meja pendaftaran masih sepi dari peserta, yang ada beberapa panitia masih berkumpul. Kemudian, saya menuju ke meja administrasi dan mengucapkan selamat pagi kepada panitia, sembari menunjukkan selembar kertas undangan dan juga bukti pembayaran (hal ini sudah saya siapkan karena ketika menjadi panitia di meja administrasi, hal ini akan mempermudah pekerjaan panitia). Ketika kertas saya sodorkan, panitia dengan sigap mencari nama cari dan memberikan tanda checked sembari memberikan goody bag yang berisi buku dan kertas-kertas terkait pelaksanaan kegiatan ini. Saya kemudian bertanya, “apakah ada lagi hal yang harus saya lakukan untuk keperluan administrasi?” beliau menjawab, “tidak ada, terima kasih”. Saya kemudian berjalan masuk menuju ruangan.

Jam tangan saya sudah menunjukkan 27 menit lebih dari jadwal yang seharusnya dilakukan pembukaan. Mulai gelisah (karena saya sangat tidak suka menunggu), saya berkali-kali menengok panitia dan juga menolehkan kepala ke pintu kedatangan para peserta, iya jumlah peserta yang datang masih terbilang sedikit. Well, kemudian panitia pembawa acara segera mengambil alih perhatian di dalam ruangan dengan mengumumkan bahwa dalam 5 menit lagi acara akan segera di mulai. Okay,,, baiklah, akhirnya dimulai juga. Alhamdulillah!!!

Lima menit kemudian, pembawa acara resmi melakukan pembukaan acara dan rentetan acarannya pun berlangsung dengan lancar. Pemateri dan tamu undanganpun telah hadir duduk di barisan paling depan, di ruangan ini. Kemudian, saya menyimak materi yang beliau-beliau sampaikan. Lagi-lagi dalam pikiran saya berkeliaran pemikiran bahwasanya “apa yang beliau lakukan di usia seperti saya sekarang ini” hingga pertanyaan berapa jam beliau tidur perhari nya dan berapa lama beliau memegang handphonenya. Pertanyaan yang konyol memang mungkin bagi sebaian orang, namun tidak bagi saya.

Singkat cerita penyampaian materi telah selesai. Materi yang disampaikan sangat menarik sekali, mulai dari tantangan terhadap perubahan iklim terhadap keanekaragaman hayati laut hingga tentang kebijakan-kebijakan yang bisa di ambil dan kerjasama yang dapat dibangun. Memang, pemateri yang hadir pun cukup berasal dari wide range expertise. Dalam menghadiri kegiatan ini, saya merasa dapat kuliah singkat yang kompleks. Alhamdulillah…

Selanjutnya tibalah sesi penyampaian materi/presentasi yang alhamdulillah berjalan dengan lancar. Awalnya saya agak ragu-ragu dan sangat nervous karena ini adalah event langkah bagi saya menyampaikan materi di depan para expert. Well, nothing to lose,, saya berdiri yakin, saya akan menyampaikan materi dengan sebaik mungkin. Pandangan-pandangan mata tajam serasa menghakimi saya dapati ketika saya presentasi. Namun, saya senang karena ini tandanya materi yang saya sampaikan mendapatkan perhatian untuk di dengarkan 🙂

Bertambah senang ketika riuh tepuk tangan terdengar jelas ketika presentasi saya selesai dan beberapa pertanyaan mu di ajukan. Selain belajar bagaimana cara presentasi dan mendapatkan pengalaman dalam menyampaikan penelitian yang sedang kita kembangkan, saya juga mendapatkan kesempatan mengenal peneliti lainnya. Tidak lupa, di akhir sesi foto yang dilakukan oleh panitia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *