Pra-Wisuda

 

Tertanggal 25 September 2017, peresmian mahasiswa yang menjalankan strate dua yang sudah lulus telah di mulai. Sistem wisuda di Wageningen University and Research (WUR) memang cukup sederhana. Tidak ada suatu yang berlebihan, prosesi nya pun hanya dengan beberapa langkah saja. Langkah pertama wisudawan atau wisudawati masuk ke ruangan wisuda (aula Wageningen). Langkah kedua, Professor dan dua Professor lainnya dari departemen yang bersangkatan juga masuk ke ruangan. Langkah ketiga, pembukaan oleh Professor (ketua), ucapan selamat sudah wisuda dan dilanjutkan dengan pemanggilan nama wisudawan(i) satu persatu.

Peserta wisuda kemudian maju dan menandatangani diploma atau ijazah mereka, dibacakan pendapat pembimbing mereka selama proses tesis dan kemudian dibacakan pula bagaimana pendapatan mereka selama di WUR. Lalu, bersalaman dengan para Professor tersebut dan selesai,,, iya, memang sesederhana itu prosesinya. Tidak seperti yang pernah saya lalui ketika wisuda di strata satu yang mana setiap peserta harus berdandan alias rempong dan kebetulan sekali wisuda (di univ saya dulu), jumlah peserta yakni seribu, yang artinya seribu orang dalam satu ruangan, tidak hanya seribu, namun di tambah lagi dengan 2000 orang lainnya (jika di asumsikan, satu wisudawan(i) di dampingin oleh orang tuanya. Intinya, proses wisuda disini dibuat sesederhana mungkin dan dibuat sesepi mungkin (menurut saya), karena meskipun satu universitas kami yang berbeda departemen juga memiliki jadwal yang berbeda sehingga mungkin menurut saya maksimal dalam satu ruangan hanyalah terdiri dari 100 orang (max). Tunggu dulu,,,, itu adalah penjelasan yang saya dapatkan dari teman-teman saya yang sudah menjalani wisuda. Saya sendiri, belum menjalankan prosesi tersebut, makanya judulnya saya buat Pra-wisuda. Wisuda saya sendiri akan dilaksanakan pada 3 October 2017, pukul 09.30am. Selain dari cerita teman-teman yang sudah di wisuda, saya juga dapat mengekstrak informasi di atas dari link ini.

Pra-wisuda,,, rasanya super,,, karena berada di antara sudah lulus dan tidak berstatus sebagai mahasiswa. Namun juga belum resmi (menurut saya) sebagai sarjana strata dua. Well ya, at least itu adalah pengertian yang dapat artikan. Ada hal menarik ketika Pra-wisuda yakni pemikiran setelah wisuda akan kemana??? Banyak sekali orang-orang yang menanyakan sehabis wisuda lalu mau kemana? mau ngapain? balik ke Universitas? jadi dosen? lamar jadi CPNS? lamar kerja dimana? dan yang paling sering pertanyaan yang saya terima yakni jadi lanjut PhD dimana??? atau apa sudah ada yang melamar? nah loh!

Hm,,,, Pra-Wisuda…

Saya nikmati saja dengan bermain dan belajar berselancar 🙂

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *