Rute Dramaga- Kantor Imigrasi Bogor – Kemenhumkam Jakarta

Hari ini saya putuskan untuk mengurus beberapa keperluan terkait untuk melanjutkan studi nya. Dikarenakan pihak Wageningen University meminta paspor expired minimal selama masa studi + 4 bulan. Maka jatuh tempo lah paspor yang ada di tangan saya ini.  Saya memiliki rute perjalanan bagi kawan-kawan atau siapa saja yang akan melakukan hal yang sama terkait dengan perpanjangan paspor di Bogor dan legalisasi (orang bilangnya legalisir) di Kemenhumkan Jakarta.

Rute Dramaga – Kantor Imigrasi Bogor

Dari Dramaga (kampus IPB Dalam) kawan-kawan bisa menumpangi angkot (kampus dalam) menuju Laladon. Sesampainya di Laladon kawan-kawan akan melanjutkan perjalanan untuk angkot selanjutnya yaitu 03, turun di PGB, kemudian naik lagi angkot 07 dan bilang deh ke Bapak nya kalau turun kantor imigrasi di Bogor.

Anyway syarat untuk perpanjangan paspor sama seperti membuat paspor baru yaitu:

1. Fotokopi KTP (bawa yang asli)
2. Fotokopi KK (bawa yang asli)
3. Fotokopi Akte Kelahiran (bawa yang asli)
4. Fotokopi paspor yang lama (bawa yang asli)

Kemudian jika masa expired paspor kawan-kawan belum mencapai 6 bulan. Maka wajib hukumnya untuk membawa surat permohonan untuk melakukan perpanjangan paspor dengan alasan studi (pada kasus saya) didukung dengan melampiran Letter of Acceptance dan surat yang menyatakan bahwa permintaan universitas nya (keterangan masa studi + 4 bulan).

Seperti berikut saya buat kan contoh saya:

SURAT PERMOHONAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Pekerjaan/Status :

Email :

Alamat Rumah         :

                     Dengan ini saya mengajukan permohonan penggantian paspor yang habis masa berlaku pada November 2017. Saya mengajukan permohonan penggantian paspor dengan tujuan untuk melanjutkan studi di Universitas Wageningen, Belanda yang mensyaratkan masa berlaku paspor minimal 2 tahun masa studi plus 4 bulan dan untuk pengajuan visa ke Belanda. Bersamaan dengan surat permohonan ini saya lampiran Letter of Acceptance (LOA) dan Wageningen University Statement.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan, atas terkabulnya permohonan ini saya ucapkan terima kasih.

                                                                                                                     Bogor, 1 Juni 2015.

 

                                                                                                                    Materai 6000

 

Agustin Capriati
Note:
Buat kawan-kawan lakukan pendaftaran perpanjangan paspor secara online akan jauh lebih mempermudah dibandingkan dengan sistem manual (datang langsung). Hal ini dikarenakan dengan sistem pendaftaran online, kawan-kawan bisa melakukan proses lebih cepat.
Berikut untuk cara melakukan pendaftaran/perpanjangan paspor online ada di link : http://www.pasporonline.com/cara-memperpanjang-paspor-online-praktis/
Kemudian, kawan-kawan jangan lupa membawa hasil print surat permohonan tersebut dan dibawa ke kantor iimigrasi.
Proses di kantor imigrasi yaitu kawan-kawan langsung ke petugas untuk dilakukan pengecekan awal dan diberikan map khusus oleh petugas yang sudah ada nomer antriannya. Sehingga setelahnya kita hanya menunggu di ruang tunggu untuk dipanggil dalam melakukan proses foto dan wawancara. Setelah wawancara selesai proses berikut nya adalah 3-4 hari lagi kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang sudah jadi 🙂
Setelah dari kantor pos imigrasi maka jika rute teman-teman mau ke KEMENHUMKAN yang ada di Jakarta. Hal yang harus dilakukan adalah ,
Naik angkot 07 – turun stasiun atau bagi kawan-kawan dari Dramaga bisa naik angkot Kampus Dalam turun Laladon dari Laladon naik 03, Stasiun.
Dari stasiun kawan-kawan beli tiket KRL dengan tujuan ke Sudirman, ada beberapa kereta yang langsung melewati Sudirman ada yang tidak, bagi yang tidak bisa transit di Stasiun Manggarai.
Kemudian di sesampainya di Stasiun Sudirman, tinggal naik ojek ke KEMENHUMKAN (Rasuna Said), nah disini kawan-kawan bakalan di tawar sama ojeknya Rp30.000. Maka yang kawan-kawan harus lakukan adalah menurunkan harga, Rp15.000, tidak boleh lebih. Di KEMENHUMKAN, selanjutnya adalah masuk lurus kemudian notok ambil arah kanan, nah disana ada tiang bendera merah putih di depannya itu tepat tempat kita akan melakukan legalisir dari KEMENHUMKAN.
Note: KEMENHUMKAN buka dari pukul 09.00-14.30.

Berhubung rute saya hari ini dari pagi ke kantor migrasi dulu yang baru selesai prosesnya hingga pukul 12.37, maka saya putuskan untuk sarapan dan makan siang yang digabung menjadi satu di Warung Steak and Shake di seberang jalan kantor imigrasi (dikarenakan tidak ada warteg terdekat yang bisa dipercaya).
Begitu saya melanjutkan rute untuk ke KEMENHUMKAN Jakarta, ternyata oo ternyata, tiket untuk antri legalisasi telah di tutup, gagal hari ini. Saya membawa dokumen Letter of Statement and Antecedent Certificate yang sudah ditanda tangani yang semula saya ingin kirimkan via JNE untuk dikirimkan bersamaan dengan calon mahasiswa Wageningen lainnya (menghemat ongkos kirim pos) kepada rekan Mba Imelda yang beralamat di Kantor Juang 45, Menteng 31 menjadi saya antarkan langsung ke tempat. Sebenarnya dari KEMENHUMKAN ke Kantor Juang kawan-kawan bisa naik Kopaja Ijo P20 dan turun di Tugu Tani, setelah itu naik bajaj deh Kantor Juang. Nah berhubung tadi lebih dari 17 menit saya menunggu Kopaja dan gak lewat-lewat P20 nya, saya putuskan untuk naik Ojek dari KEMENJHUMKAN yang berhasil saya tawar dengan harga Rp15.000 pula (rutenya cukup jauh loh padahal dbandingan dengan Sudirman ke KEMENHUMKAN) dan diseberangkan pula oleh Bapaknya yang baik hati.
Well, akhirnya tiga agenda hari ini menghasilkan:
1). Perpanjangan paspor bisa di ambil Jumat (4 hari kerja)
2). Legalisasi ke KEMENHUMKAN dipending dikarenakan keterlambatan saya sebanyak 16 menit.
3) Dokumen yang semula niatnya dikirimkan melalui JNE saya antarkan langsung.
Semoga bermanfaat!.
Salam,

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *