Spesialisasi Sumberdaya Kelautan dan Ekologi di Master Open Day

Sebuah pesan singkat masuk melalui Messenger dengan akun facebook saya yang berisikan selamat atas
grant yang telah diperoleh dan sebuah pertanyaan singkat berupa: “semenjak saya adalah salah satu mahasiswa dengan jurusan Marine Resources and Ecology, apakah berkenan untuk mengisi acara speed dating dalam acara master open day?” yang diikuti dengan penjelasan bahwa acara ini akan memperkenalkan jurusan dan spesialisasi yang di ambil kepada calon master student di Wageningen University and Research.

Saat itu saya menjawab pesan tersebut dengan terima kasih dan menanyakan kapan, dimana dan bagaimana tentang penjelasan acara tersebut sebelum saya menyanggupinya. Well, kebetulan master open day akan di adakan pada 15 Desember 2016 yang jika saya sesuai dengan jadwal saya masih belum memiliki rencana apapun kecuali bertapa untuk tesis tercinta. Kemudian sebuah surel masuk yang berisikan tentang permintaan secara formal untuk menjadi salah satu perwakilan dari mahasiswa dengan spesialisasi ekologi berikut detail acara, waktu dan venue nya lengkap tertulis. Saya menjawab surel tersebut dan dengan senang hati jika bisa membantu.

Bagi saya memiliki kesempatan seperti ini membuka peluang untuk bertemu dengan orang-orang baru yang tentunya akan memiliki versi atau pola pikir dan sudut pandang yang berbeda. Selain itu, bertemu dengan calon mahasiswa Master di Wageningen merupakan kehormatan tersendiri. Tepat pukul 15.30 saya datang ke gedung Forum lantai 4 ruangan 435, ternyata diruangan tersebut sudah ada mahasiswa  master dari spesialisasi lainnya, aquaculture. Perkenalan singkat dan saya memiliki teman baru lagi :).

Kemudian kami pindah ke lantai 8, karena calon mahasiswa master di MAM dan MBI sedang mengikuti practical or lab work tentang terumbu karang. Setelah menunggu kurang lebih 15 menit, kemudian kami menuju ke ruang semula, Vera selaku study advisor MBI dan MAM mempersilahkan kami untuk short speech yang berisikan tentang perkenalan tentang siapa dan spesialisasi apa atau objek apa yang kami kerjakan. Saya memperkenalkan diri sebagai mahasiswa MAM dengan spesialisasi Marine Resources Ecology dan bergabung dalam Marine Animal Ecology group dan penjelasan singkat terkait bidang ini. Setelah sesi perkenalan kemudian calon mahasiswa master di berikan kesempatan untuk datang dan bertanya apapun tentang spesialisasi atau master program yang kami ambil.

Dua orang mahasiswa, satu dari Jerman dengan bachelor biology di Universitas Bremen dan satunya lagi adalah mahasiswa Belanda yang belajar di Applied Science. Mereka berdua menanyakan kepada saya mengenai bagaimana dan apa saja yang ada di tawarkan dalam spesialisasi marine resource and ecology, kemudian pertanyaan berlanjut baik tentang tesis yang sedang saya kerjakan hingga pertanyaan apakah saya ingin melanjutkan PhD (Aaamiin). Kemudian selain menjawab pertanyaan dari mereka, saya juga memberikan feedback kepada mereka terkait master yang diinginkan dan bidang seperti apa yang mereka cari. Well, obrolan kami cukup tergolong lama, lagi-lagi menurut saya ini terbilang lama, 30 menit dengan orang yang baru bertemu dan dikenal. Tak lama kemudian satu mahasiswa lagi dari Universitas Utretch juga datang untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait spesialisasi yang saya ambil.

Saya senang bisa berdiskusi dan bisa sharing pengalaman saya belajar di WUR dengan spesialisasi yang saya ambil serta chairgroup dimana saya bergabung. Senang karena setidaknya saya bisa menceritakan hal yang saya senangi kepada orang-orang yang ingin melakukan hal yang sama atau memiliki minat yang sama, atau bahkan setidaknya ingin mendengarkan dan meresponnya. Sering saya merefleksikan diri saya di tengah, ratusan (banyaknya) mahasiswa Indonesia yang juga melanjutkan studi nya di WUR dan tak jarang saya menemui bahwa ketika saya bercerita respon yang diberikan tidak tertarik atau bahkan kadang saya merasa tidak termasuk ke dalam bagian dari mereka. Disitu saya merasa sedih! 😛

Well ya, di akhir acara ini tak di sangka-sangka kami, beberapa mahasiswa (4 orang) dengan spesialisasi yang berbeda mendapatkan cookies di tempat dan juga diberikan parcel untuk dibawa pulang. Ada dua pilihan: 1) selai (berbagai rasa), coklat dan teh 2) wine (2 botol) dan chips. Ketika Vera menanyakan kepada saya “which one do you prefer?” (sembari mengambil paketan pertama), tersenyum saya menjawab “you already chose the first package for me, right?”.  Pengalaman baru lagi :). Alhamdulillah!

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *