Student Committee/ Dewan Perwakilan Mahasiswa

Student Committee (SC) , prosa kata yang tidak asing lagi bagi kita sebagai mahasiswa. Jika di Brawijaya dulu dikenal mungkin dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa atau disingkat dengan DPM. Well, ketika penjelasan dari Education Manager dari Department Aquaculture and Marine Resource Management (MAM), saya menjadi tertarik untuk menelisik lebih lagi terkait tugas pokok dan fungsi sebagai SC. Kemudian, di akhir presentasi beliau menyampaikan dan menawarkan siapa mahasiswa yang ingin membantu dan terlibat dalam SC untuk menuliskan email dikomputer beliau. Pada akhirnya saya, yang penasaran ini menuliskan email saya.

Sampai saat ini sebenarnya saya masih sedikit blur mengenai tugas pokok dan fungsi sebagai SC. Hari ini, 16 October 2015, tepat pukul 09.00 ECT saya dan ketiga mahasiwa lainnya yang mendaftarkan diri dalam SC diundang untuk menghadiri rapat SC untuk pertama kalinya. Meeting pertama kali ini, sebelumnya telah di informasikan melalui email dalam jangka waktu sekitar sebulan sebelum hari H. Well done, semua nya sangat terstuktur dan jadwal yang diberikan pun memang sangat dipertimbangkan dair jauh-jauh hari. Mengingat setiap yang di undang dalam meeting tersebut pasti memiliki kepentingan masing-masing pula.

Rapat pertama ini di adakan di Zodiac building E1424, saya terlambat tidak lebih dari 3 menit namun rapat telah dimulai. Keterlambatan saya dikarenakan mencari ruangan yang tidak saya antisipasi sebelumnya bahwa menemukan ruangan tersebut cukup rumit. Pelajaran berikutnya: walaupun rapat dengan para pimpinan dari chair group dalam department kata terlambat juga tidak ada dalam kamus meeting.

Menarik memang untuk saya yang baru pertama kali mengikuti meeting dengan berbahasa asing dan langsung terlimbat dalam sistem. Rasanya sama seperti menghadiri rapat dosen ketika di S1 dulu untuk akreditasi atau persiapan visitasi lainnya. Kurang lebih topik yang dibahas pun sama. Namun, karena sistem yang dimiliki berbeda seperti menggunakan periode bukan semester dalam setiap ECTS / SKS yang diambil. Sebagai contoh jika di S1 di FPIK UB, Malang saya di semester pertama mengambil 7-8 mata kuliah yang masing-masing mata kuliah terdiri dari 1 sampai 6 ECTS dan kemudian setelah kurang lebih 3 bulan ada UTS dan 2 bulan selanjutnya UAS sebagai akumulasi nilai yang akan di dapat. Namun, tidak disini, sistem yang digunakan yaitu setiap periode akan dilaksanakan antara 1.5-2 bulan dan kemudian akan di adakan ujian, jumlah ECTS yang diberikan yaitu 3 atau 6. Sehingga dalam jangka waktu 1.5-2 bulan setiap mahasiwa akan merasakan atmosfer ujian. Seminggu sebelum ujian mahasiswa diberikan waktu study week atau yang kita kenal dengan minggu tenang.

Minggu tenang disini benar-benar digunakan untuk belajar! Study Week benar-benar di artikan dan di terapkan sebagi study week! Saya kaget pada hari kedua dalam study week saya ke kampus dan melihat seluruh tempat di perpustakaan penuh, semua spot dengan komputer , laptop dan ruang rapat atau free room untuk mahasiswa bahkan kelas-kelas pun penuh. Penuh dengan mahasiwa yang sibuk dengan lembaran-lembaran kertasnya, spidol warna-warni atau bahkan yang sedang bersibuk ria berdiskusi. Wow… study week benar–benar study week!.

Kembali lagi dengan SC, yang dibahas dalam SC pertama yang saya ikuti yaitu:
1) Informasi umum terkait department saya, MAM dengan ketumpangtindihan nya dengan mata kuliah yang ada di departemen lain seperti di MES.
2). Pemilihan ketua board di MAM
3). Masukan, permasalahan atau penerapan hal baru apa yang bisa diberikan oleh chair group yang bertanggung jawab terhadap mata kuliah diperiode pertama e.g Marine Systems and Life history of aquatic organism
4). Penjelasan apa yang akan dipersiapkan dan dilakukan oleh chair group yang baru yaitu Marine Animal Ecology terhadap course yang akan menjadi minor dan majornya.
5).Pengambil alihan atau voting chairman baru yang akan memimpin MAM dalam SC selanjutnya
6). Penetapan education student berdasarkan specialisasi tertentu. Alhamdulillah saya diberikan amanah untuk menjadi representative untuk spesialisasi Marine Resource and Ecology. 

Semoga bisa melaksanakan dan belajar dengan baik. Aamiin

Untuk tugas pokok dan fungsinya sebagai SC saya akan informasikan lebih lanjut setelah beberapa meeting berikutnya tentang penjelasan hal tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *