Surat untuk thesis tercinta

Percakapan ini merupakan percakapan dan hubungan yang sangat intensif yang saya jalani semenjak Kamis, 28 Juli 2016. Ketika itu saya menyanggupi untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan bidang yang baru saja saya geluti, maklum ketika menjalankan studi strata satu saya banyak bermain dengan masyarakat, terumbu karang, Marine Protected Area dan ekowisata. Bidang ini sangat menarik, namun ketertarikan saya akan menjalani hubungan dengan bidang baru rupanya menyisakan penasaran yang semakin mendalam.

Alhasil, saya memulai dengan Bismillah dengan menandatangani kontrak tesis dengan group Marine Animal Ecology. Perjalanan dimulai di akhir bulan Juli, memasuki bulan Agustus saya bertambah dekat dengan Sang Tesis, akhirnya dalam waktu 18 hari berikutnya saya melaksanakan seminar proposal. Memang waktunya cukup singkat, sangat singkat bahkan. Proposal yang idealnya dikerjakan dalam sebulan akhirnya di seminarkan dalam waktu delapan belas hari. Bukan, bukan artinya bahwa saya memang cepat mengerjakan dan semuanya benar. Akan tetapi yang membuat pembimbing saya mengiyakan saya untuk ke lapang empat hari berikutnya adalah karena saya tahu, apa yang akan saya lakukan di lapang. Doa dan mantra untuk bersabar selalu saya ucapkan setiap hari, agar fieldwork saya bisa berjalan dengan lancar.

Berbekal sedikit pengalaman dari strata satu dan beberapa pelatihan menunjang. Alhamdulillah saya purna tugas dalam melaksanakan fieldwork dalam rangka data collection. Sekarang saya harus lebih mendekatkan diri lagi dengan Sang Tesis, berada dalam fase analisis memang cukup menantang. Fase dimana pertanyaan-pertanyaan harus dijawab dengan cara yang elegan dan menggambarkan fakta di lapangan. Saya tahu betul dan berani bercerita bagaimana cara melakukan a,b,c dan lain sebagainya terkait dengan data yang saya punya dilapangan. Hal yang menyenangkan adalah ketika saya bercerita saya tidak perlu mengingat banyak dan memeras otak untuk menjelaskannya pricisely karena saya seperti membuka lembaran yang sudah ditulis, cukup membayangkan keadaan di lapang dan menceritakannya kembali. Senang karena saya tahu bagaimana data saya di dapat, faktor apa yang dapat memengaruhi kualitas data dan jika datanya pun “terlihat aneh” saya yakin dan tahu karena memang begitulah fakta di lapangan.

Dear Tesis, surat ini saya buat untuk mengingatkan saya bahwa kita berkenalan, saling mengisi, saling memenuhi pikiran dan bahu membahu guna dalam proses untuk mengisi dan memberikan informasi kepada khalayak bahwa “kamu” itu penting. Bahwasanya yang ada dalam kehidupan ini tidak sekedar ekonomi, politik, teknologi semata.

Dear Tesis, marilah kita tuntaskan amanah yang sudah terikrar pada Kamis, 28 Juli 2016.

Dear Tesis, marilah kita bertambah dekat, bermesraan dan menjalin hubungan hingga nantipun jika engkau telah bisa dirasakan kebermanfaatannya bagi khalayak ramai.

Dear Tesis, saya ingin kita melanjutkan dalam tahap yang lebih serius, tahap dimana saya siap mempertanggung jawabkan mu kepada beliau yang telah berkenalan sejak lama dengan kawan-kawan mu.

Dear Tesis, Januari marilah kita tuntaskan!!!

Dear Tesis, salam rindu dari ku selalu, meski kita selalu bertemu dan tolong beri aku waktu untuk selalu memperbaiki mu, agar semakin besar kebermanfaatanmu.

Dear Tesis,,, I am into you 🙂

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *