1st Day of The Annual Introduction Days (AID) #Wageningen

The Annual Introduction Days yang akrab disingkat menjadi A.I.D merupakan program yang diadakan oleh Wageningen University untuk menyambut mahasiswa baru selama 5 hari. A.I.D yang kita kenal Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) pada tahun ajaran intake September 2015 diadakan mulai tanggal 14 Agustus 2015 hingga 19 Agustus 2015. Saya memberikan apresiasi bagaimana panitia bisa mengatur kegiatan ini dengan persiapan hingga pelaksanaan at least pada hari pertama bisa sesuai rencana. Hari pertama A.I.D ditandai dengan pembukaan beberapa games yang diadakan di depan Forum Building. Pertama kali, untuk ikut mendaftarkan diri menjadi peserta A.I.D yaitu dengan mengisi formulir data diri melalui website yang telah mereka sediakan. Kemudian akan di update beberapa informasi penting. Termasuk diantaranya adalah men-download aplikasi A.I.D baik di android ataupun apple store. AID 2015 memiliki jargon “Challenge, Accepted”

Pelajaran pertama yaitu penghematan penggunaan kertas untuk memberikan penjelasan mengenai apa itu AID, apa saja kegiatannya, dimana dan jam berapa hingga kupon makan. Semua sudah terorganisir dengan baik dengan sebuah aplikasi yang hampir pasti akan dimiliki oleh semua orang dengan handphone android ataupun iphone. Kalau kita kenal Ospek itu kebanyakan merepotkan calon mahasiswa dan mahasiswi. Maka AID sebaliknya, kegiatannya berisi hiburan dan pengenalan kampus dan kehidupan sekitar yang memang bisa membantu lebih mudah untuk adaptasi.

Ketika kita melakukan registrasi sebagai mahasiswa baru di Forum Building, panitia akan memberikan informasi dimana tempat kita untuk bertemu dan berkumpul dengan kelompok yang sebelumnya sudah terupdate ke dalam aplikasinya. Tepat pukul 11.47 waktu belanda, saya datang ke Orion Building, 4th floor, room 415. Pertama kali saya memasuki ruangan tersebut dua mentor saya, Karin dan Wendy sudah menunggu dan saya menjadi anggota kelompok pertama yang datang. Rasanya ada yang kurang pas di hati memang ketika memasuki ruangan tersebut, benar saja anggota kelompok lainnya baru datang hingga pukul 1.14 pm, yang artinya saya menunggu 1 jam 27 menit (killing me slowly) . Awalnya saya tidak menyangka bahwa kegiatan pertama yang saya ikuti ternyata dihabiskan dengan menunggu dan tidak menyangka bahwa Europian juga bisa telat. Ternyata sama, ada juga orang yang telat.

Setelah anggota kelompok kami, kelompok 142 cukup lengkap, karena ada beberapa anggota yang tidak datang kami melanjutkan makan siang, karena waktu yang harusnya digunakan untuk perkenalan dihabiskan untuk menunggu. Perkenalan dilakukan secara singkat dengan menyebutkan nama, major apa, asal negara darimana dan hobby apa. Makan siang dengan menu roti isi keju, roti isi ayam, roti yang tidak ada isi, apel dan berbagai selai untuk roti. Alhasil saya memilih untuk mengisi perut dengan roti isi keju dan apel. Saya yang porsi makan biasanya sedikit harus menghabiskan roti yang menurut saya dan porsi saya bisa dua kali makan, cukup berat.

Kemudian kami bepisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama dengan Karin untuk menikmati berbagai game yang berada di depan gedung Forum dan kelompok kedua bersama dengan Wendy untuk mengurus anggota kelompok yang belum mengambil foto untuk WUR Card dan ticket stamp untuk dinner serta untuk membeli sepeda (bagi yang belum punya). Hampir semua orang tahu mungkin, bahwa Belanda terkenal dengan jumlah pemakai sepeda tertinggi di dunia. Jumlah sepeda yang beredar bahkan 1.5 lebih banyak daripada jumlah penduduknya.

Setelah kelompok kedua mengambil foto, ticket stamp dan membeli sepeda, kami kemudian berkumpul kembali dengan kelompok pertama. Berikut sedikit cuplikan games dan pelaksanaan AID di hari pertama.

Be Sociable, Share!

1 thought on “1st Day of The Annual Introduction Days (AID) #Wageningen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *