Thesis Ring

 

Thesis ring, adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sekumpulan mahasiswa yang sedang melakukan tesis untuk saling membaca, memberikan komentar ataupun bertanya tentang tesis satu dengan yang lain. Thesis ring, kemudian di moderatori atau dimediatori oleh mahasiswa PhD, beliau yang menjembatani dan menggiring proses berjalannya diskusi selama meeting. Meeting dalam thesis ring diadakan setiap seminggu sekali dengan durasi waktu satu jam. Memang, jika di lihat-lihat seminggu satu jam waktu yang cukup singkat. Akan tetapi, dengan beberapa anggota thesis ring yang memberikan masukan dan pertanyaannya satu jam menjadi sangat-sangat produktif.

Satu jam bersama dalam thesis ring, banyak sekali membantu baik dalam proses penentuan alur cerita dan input-input yang diberikanpun cukup beragam. Saya sangat senang berada di dalam Thesis Ring dengan sesi Morning Ring (10.30-11.30), di dalam thesis ring ini saya menemukan teman-teman dari jurusan yang berbeda (dari Aquaculture and Marine Resource Management) dan Marine Biology student. Juga ada beberapa dari jurusan lainnya. namun tidak begitu banyak. Di dalam thesis ring, memang terkesan agak sedikit membosankan jika dibayangkan hanya diskusi dan terkesan formal. Akan tetapi, dalam sistem seperti sekarang ini menurut saya, saya sangat-sangat efektif.

Thesis saya yang sebenarnya cukup acak adul, karena pola menulis saya yang kadang terkesan jump dari topik a ke topik Z, sehingga kadang-kadang menurut membuat reader menjadi sedikit bingung membacanya. Berkat thesis ring, alhamdulillah dengan masukan-masukan yang bersifat konstruktif dari rekan-rekan thesis ring, akhirnya saya bisa menulis dan menyelesaikan tulisan untuk thesis saya (menurut saya, dengan baik). Alhamdulillah!

Secara formal dalam tulisan ini saya ingin berterima kasih kepada teman-teman thesis Ring di sesi Morning Ring!

Kalian the best lah pokoknya,,,, 😀

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *