Transportasi Umum di Belanda

Ada beberapa orang yang menyarankan bahwa, ada baiknya jika saya hanya memberikan informasi atau cerita tentang keadaan dan berita baik saja. Menurut saya, hal ini adalah salah satu tugas mulia jika kita bisa memberikan dan membagikan informasi atau berita baik. Agama pun mengajarkan kepada kita bahwa “beritakan kabar baik…”. Kesempatan kali ini saya akan menuliskan cerita mengenai sistem transportasi di Belanda. Semoga dapat menjadi kabar baik bagi yang memerlukan informasi ini.

Tulisan ini distimulus dari banyak kegiatan yang memerlukan itinerary. Sebagai bagian yang krusial dalam hal perjalanan dan perencaaan waktu dalam melakukan perjalanan tentulah transportasi tak bisa diabaikan.

Ada berbagai macam sistem transportasi di Belanda, sama hal nya dengan negara-negara lainnya. Seperti, sepeda, bus, kereta, pesawat, metro dan/atau tram. Transportasi yang paling umum digunakan untuk jarak yang cukup jauh adalah dengan menggunakan kereta api. Hal ini dikarenakan terbatas nya jumlah bus untuk jarak tempuh jauh. Sementara sepeda, biasa digunakan oleh warga belanda dalam jarak tempuh yang cukup dekat.

Belanda menggunakan sistem transportasi yang sudah terintegrasi satu sama lain. Integrasi antara bus, tram dan kereta api informasi nya sudah lengkap tersedia. Jadwal keberangkatan dari tujuan A ke tujuan B dalam beberapa bulan ke depan pun sudah ada (jika tidak ada perubahan mendadak). Lebih mengagumkannya lagi, jadwal yang ada sangat sesuai dengan jadwal keberangkatan yang sebenarnya. Jadi, kita terlambat satu menit, artinya kita harus menunggu untuk jadwal berikutnya. Informasi mengenai jadwal dan tujuan keberangkatan bisa di akses secara online melalui website 9292. Tidak hanya itu, akses ini juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di ponsel baik berupa android, apple dan windows phone.

A

Jika kawan-kawan berkesempatan mengunjungi dan menginap beberapa hari di Amsterdam untuk transportasi kawan-kawan bisa cek di link ini. Kemudian ada juga tawaran yang untuk kamu yang butuh ke banyak tempat dalam waktu yang terbatas, juga termasuk masuk ke beberapa museum dinamakan dengan city card. Walaupun di bandrol dengan harga yang cukup mahal (min 55 euro, 24 jam). City card menurut saya cukup menguntungkan. Selain kita bisa akses semua trasnportasi kemana pun juga kita dapat masuk ke beberapa museum dengan gratis alias termasuk ke dalam paket city card. Mengingat transportasi di Belanda sekali jalan misalkan naik bus 3-9 euro (tergantung lokasi) dan kereta 1.4-etc (tergantung lokasi, misal dari Utrecht Centraal ke Groningen sampai 25an euro). Nah jika dengan city card cukup sekali beli dan all in one + 10 atraksi lainnya (Canal cruise, Van Gogh museum, Artis Royal Zoo, Holland Casino, Stedelijk Museum, Rembrandt House Museum, Nemo Science Museum, Hermitage Amsterdam, Foam dan Diamond museum. 

Sekian informasi yang dapat saya berikan, terima kasih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *