Mendaftar S3 di Wageningen University

Banyak orang bilang untuk mendaftar sekolah jenjang S2 atau S3 tidaklah mudah. Namun, mendaftar S2 ataupun S3 juga tidaklah sulit. Sederhananya, prosesnya sama seperti proses mendaftar kuliah S1, yang dibutuhkan juga sama yakni dari ijazah, transkrip nilai, dan persyaratan lainnya. Mungkin yang membedakan adalah dengan adanya kewajiban (hampir selalu) untuk menuliskan proposal penelitian. Jika Anda berniat ingin mendaftar S3 di luar negeri, maka persyaratan selanjutnya adalah kewajiban memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat baik berupa IELTS ataupun TOEFL atau sejenisnya.

Setiap kampus memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Maka hendaknya teman-teman yang ingin mendaftar untuk mengecek persyaratan sesuai dengan universitasnya masing-masing. Di Wageningen University and Research (WUR), mahasiswa S3 terbagi menjadi lima kategori, untuk setiap kategori tersebut juga ada penjelasannya masing-masing (dibaca lengkap di sini).

Untuk mendaftar S3 di Wageningen, saya tuliskan tata cara singkatnya di bawah ini:

  • Daftar S3 melalui jalur PhD Vacancies atau sebagai employee/dipekerjakan oleh kampus. Proses ini biasanya terbatas untuk 1-2 atau beberapa orang saja. Biasanya ada open application, setiap orang bisa mendaftar dan projek atau topiknya sudah ditentukan atau jika belum ditentukan dapat didiskusikan dengan pembimbing atau promotor. Lalu akan ada sesi wawancara dan jika diterima kesepakatan kontrak kerja (PhD di Belanda dianggap sebagai pekerjaan).
  • Daftar S3 melalui jalur beasiswa LPDP, beasiswa tentang LPDP sudah saya tuliskan di sini atau lengkapnya bisa dibaca di sini.
  • Baik jalur employee ataupun dengan skema beasiswa dari LPDP. Setiap mahasiswa yang ingin mendaftar S3 di Wageningen haruslah melalui proses registrasi dan administrasinya. Bisa dicek dan dibaca dengan seksama di sini. Tampilan websitenya seperti di bawah.
  • Persyaratan lengkap dapat dibaca di sini Entry Requirements – WUR. Sedangkan prosedur dan daftar kelengkapan dapat dibaca di sini Registration procedure & Checklist – WUR.
  • Khususnya di WUR terdapat enam (6) Graduate School atau jika di Indonesia setara dengan fakultas. Nanti setiap fakultas itu ada beberapa jurusan-jurusan yang setara dengan chair group.
  • Mungkin ada yang bingung dengan kapan bisa mulai atau apakah ada waktu-waktu tertentu untuk memulai (jika sudah daftar dan diterima) studi atau risetnya. Jawabannya adalah untuk S3 di WUR, teman-teman dapat memulai KAPANPUN teman-teman mau, waktunya sepanjang tahun asalkan teman-teman telah memiliki persetujuan dengan dosen pembimbing atau promotornya.

Semoga berjalan dengan lancar proses pendaftaran S3 di WUR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *