Pencarian Housing/Tempat Tinggal di Belanda – Wageningen

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Namun, tidak semua orang dapat memiliki tempat tinggal. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal misalnya harga properti yang memang tidak bisa dimiliki untuk semua orang dan jumlah tempat tinggal yang tersedia lebih rendah dibandingkan dengan jumlah orang yang membutuhkannya. Terutama di beberapa kota-kota yang memiliki perguruan tinggi, di mana banyak pendatang yang membutuhkan tempat tinggal. Fenomena ini dapat ditemukan di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tidak hanya di Indonesia, hal ini juga terjadi di belahan bumi Eropa lainnya termasuk Belanda. Semenjak beberapa tahun terakhir, kota-kota seperti Leiden, Amsterdam, Den Hague, dan Wageningen mengalami kekurangan tempat tinggal, khususnya untuk mahasiswa asing.

Memiliki jumlah mahasiswa asing yang berasal lebih dari 150 negara yang berbeda, Wageningen juga mengalami hal yang serupa. Wageningen adalah kota madya dan memiliki sejarah yang kuat, terletak di tengah negara Belanda di provinsi Gelderland. Wageningen terkenal dengan Universitas Wageningen dengan ilmu kehidupan/life science. Permasalahan mengenai ketersediaan tempat tinggal mulai muncul pada tahun 2019, karena jumlah mahasiswa asing yang cukup banyak. Namun, pada tahun 2020 dikarenakan covid-19 ketersediaan housing menjadi lebih renggang lagi. Saya ingat beberapa teman yang masuk kuliah dan memutuskan berangkat pada tahun 2020 menceritakan bahwa, mereka bahkan mendapatkan tawaran lebih dari satu housing.

Berbeda dengan tahun 2021, kebutuhan housing meningkat sementara ketersediaannya cenderung stagnant. Akibatnya banyak mahasiswa yang berangkat studi pada tahun 2021 kesusahan untuk menemukan tempat tinggal. Penumpukan mahasiswa tahun 2020 yang menunda keberangkatannya pada 2020 dan memutuskan untuk berangkat pada tahun 2021, menjadi salah satu alasannya, termasuk saya. Saya memutuskan untuk berangkat ke Wageningen pada Mei 2021. Saat saya berangkat ke Belanda dengan kondisi belum mendapatkan tempat tinggal permanen. Alhamdulillahnya dapat renting kamar di salah satu keluarga Indonesia yang memiliki spare room.

Okay, berikut saya bagikan pengalaman tentang pencarian housing dan website apa saja yang mungkin bisa teman-teman gunakan atau pantengin:

  • Room.nl adalah salah satu website yang disarankan oleh kampus dan juga merupakan salah satu wadah pencarian housing yang paling besar. Berbagai provider rumahpun menawarkan rumahnya di sini seperti Idealis dan Duwo. Di Room.nl, teman-teman diminta untuk membuat akun dan membayar sejumlah uang untuk proses pendaftarannya. Setelah ini barulah teman-teman dapat merespon tawaran tempat tinggal yang tersedia di website tersebut. Namun, ketika teman-teman sudah merespon tempat tinggal yang ingin di sewa, tidak berarti langsung mendapatkannya. Hal ini dikarenakan banyak users lain yang mungkin juga merespon tempat tinggal yang sama, sehingga kebijakannya adalah dengan menggunakan sistem ranking. Jika teman-teman ranking pertama hingga waktu tawaran berakhir, maka Anda akan mendapatkan penawaran kontrak melalui email. Tampilan website room.nl seperti ini.
  • Housingdeskwageningen.nl adalah website lainnya yang teman-teman bisa cek. Di sini teman-teman tidak hanya menumakan kesediaan rumah atau room yang ada di Wageningen, namun juga bisa melihat di kota sekitarnya seperti Ede, Rhenen, dan Renkum. Tampilan di websitenya seperti ini:
  • funda.nl di website ini ada dua pilihan yakni membeli (for sale/koop) dan menyewa (for rent/huur). Teman-teman dapat mencari di kota mana dan dengan radius berapa kilometer. Menurut saya website ini cocok untuk teman-teman yang berencana tinggal dengan keluarga, karena kebanyakan housing yang disewakan berupa apartemen dan harganya juga lumayan (baca:tinggi). Sarannya untuk yang berkeluarga (khususnya yang sudah punya lebih dari satu anak), dapat cek di sini. Penampilan websitenya seperti ini
  • Parasius.nl adalah website selanjutnya yang teman-teman bisa cek. Sama halnya dengan funda.nl di sini teman-teman juga memiliki opsi untuk menyewa ataupun membeli, lalu ketik nama kota tujuan. Setelah itu, secara otomatis akan digiring ke halaman yang menunjukkan ketersediaan tempat tinggalnya. Anda bisa memilih sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan housingnya.
  • Kamernet.nl Layaknya room.nl di sini juga teman-teman di minta untuk buat akun dan juga jika ingin respon diminta untuk subscribe dengan membayar sejumlah uang tertentu. Di sini teman-teman juga bisa langsung mencari kota tujuan dan juga radiusnya dengan tipe jenis tempat tinggal juga bisa dapat disesuaikan. Namun, bagi teman-teman sebelum membuat akun dan membayar untuk subscribe sebaiknya BACA DENGAN SEKSAMA dahulu terms yang ditawarkan karena ada salah satu pasal yang berbunyi subscribe minimal dalam jangka waktu tertentu dan selama jangka waktu tertentu itu, teman-teman akan ditarik secara otomatis sejumlah uang perbulannya. Tampilan websitenya seperti ini
  • shortstaywageningen.nl Walaupun judulnya short stay ada juga pilihan untuk long-stay. Bagi teman-teman yang mau menyewa di sini, menurut saya termasuk kelas yang menengah atas. Karena yang tersedia semuanya (jika saya tidak salah) berbentuk studio dan dengan sewa yang cukup mahal (jika standar pendapatan bulannya adalah dengan beasiswa). Namun, worth it juga jika mau dan memang mementingkan kenyamana. Terletak di centrum atau di tengah kotanya Wageningen, yang artinya dengan pasar dan berbagai supermarket lainnya. Penampilan websitenya seperti ini.
  • kamersocial.nl website lainnya yang bisa dicek, sama seperti yang lainnya teman-teman bisa ketik dan cari kota tujuan. Biasanya di sini ditampilkan beberapa housing yang tersedia, namun biasanya digiring kembali untuk masuk website lainnya (saya gak rekomendasi gunain website ini karena kebanyakan klik-klik dan tidak langsung ke tujuan untuk housing yang dicari).

Dari beberapa website di atas, ada satu website lagi yang sangat saya sarankan untuk teman-teman coba (karena saya akhirnya menemukan housing melalui website ini), alamatnya adalah xior-booking.com . Di website ini teman-teman diminta untuk memilih negara (karena Xior memiliki tempat di Belgia, Jerman, Belanda, dan Spanyol), setelah itu dapat memilih kota tujuan. Jadi untuk teman-teman yang ingin mencari tempat tinggal di Wageningen, bisa memilih Belanda – Wageningen. Pada kolom Complex teman-teman dapat memilih Costerweg 50 atau Duivendaal 2. Costerweg 50 biasanya dengan kamar mandi dan toilet sharing dengan penghuni lainnya. Sedangkan Duivendaal 2, teman-teman memiliki kamar mandi dan toiletnya pribadi. Tentu bisa ditebak biaya sewa di Duivendaal 2 akan lebih tinggi dibandingkan dengan Costerweg 50.

Tidak seperti room.nl yang sistemnya menggunakan perangkingan dalam jangka waktu tertentu, di Xior sistem yang digunakan adalah first come first served. Jika Anda adalah orang pertama yang merespon Book now! Maka kemungkinan besar Anda adalah orang yang akan mendapatkan tempat tersebut, karena saat Anda klik Book now orang lain yang tidak bisa klik ataupun merespon iklan yang sama. Namun, tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapatkannya ya (ada juga statement landlord berhak menolak tanpa memberikan penjelasan apapun). Oya. saat Anda klik Book now, maka Anda akan digiring ke halaman untuk membuat akun dan membayar sebesar 25 euros (untuk biaya administrasi dan sebagainya). Anda tinggal menunggu email konfirmasi apakah pendaftarannya sudah selesai ataupun belum. Biasanya prosesnya cuma berselang menit atau jam (bisa juga satu hari jika Anda mungkin responnya pada weekend).

Anda bisa legah dan senang (mungkin), saat Anda menerima email konfirmasi bahwa pendaftarannya sudah divalidasi atau diterima dan ada statement bahwa pihak Xior sedang menyiapkan untuk kontrak rumahnya. Nah, waktunya 2-3 hari untuk mendapatkan kontrak tawaran housingnya. Jika sudah mendapatkan kontrak, harap dibaca dengan baik dan seksama, pasal-pasalnya banyak sekali termasuk aturan misalnya tentang Pets fasilitas yang didapatkan, biaya-biaya dan lain sebagainya. Minimal kontrak (jika Anda menyetujui adalah 12 bulan), hal lainnya yang wajib teman-teman ketahui adalah di Xior, Anda diminta untuk deposit sejumlah uang. Pengalaman saya diminta deposit 1000 euro per orang. Jadi, misal Anda berencana tinggal lebih dari satu orang maka depositnya juga dikalikan dengan jumlah orang. Hal lain yang bisa jadi pertimbangan adalah jumlah harga yang tertera bukanlah harga final, informasi harga tambahan lainnya juga disediakan di website dan dikontrak. Maka BACA DENGAN SEKSAMA informasi yang disediakan. Ada biaya service, biaya listrik, air, internet, gas, dan lain-lain. Tampilan websitenya seperti ini.

Sekian dulu informasi tentang housing di Belanda khususnya di Wageningen. Bagi teman-teman yang sedang berjuang untuk mencari housing, semangat dan semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Duivendaal 2, 21 November 2021, 10:11am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *