Canon Powershot D30

Bermula karena kamera DSLR 650D yang telah saya jual karena kebanyakan barang untuk dibawa, meskipun kalau dipikir-pikir karena cuma sebatas tas kamera berukuran tidak lebih daripada tas ransel. Namun ada juga beberapa alasan lainnya kenapa saya akhir memutuskan untuk menjual kamera kesayangan ini. Bermula dari menjuarai salah satu kompetisi nasional saya mendapatkan hadiah yang tergolong lumayan besar, sangat besar malah bagi saya yang waktu itu mahasiswa S1 dan tidak bekerja yang tiap bulan masih minta kepada orang tua, senilai 1/4 nya angka 100.

Alhamdulillah waktu itu, akhirnya saya putuskan untuk membeli kamera DSLR yakni Canon 650D. Saya yang mempunyai sedikit hobi jeprat jepret sangat senang memiliki kamera ini. Setiap detailnya tombol-tombol di kamera dengan lincah saya mainkan setelah beberapa kali hunting foto, tentu saja saya tidak profesional. Namun, tak jarang juga saya bertanya kepada teman-teman yang suka fotografi dan memiliki keahlian di bidang tersebut. Well, singkat cerita kamera tersebut tidak bersama saya lagi sekarang.

Sebelum berangkat untuk melanjutkan studi sebenarnya saya ingin sekali membeli kamera pengganti, jelas saya negara yang akan saya tuju untuk pertama kalinya akan menyediakan banyak sekali sumber gambar yang bisa saya abadikan. Namun, keinginan tersebut tak terlaksana, tentunya dengan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Saya akhirnya membawa kamera pocket Sony dan underwater SJCAM. Ternyata kamera pocket tidak membuat saya cukup puas, karena item pengaturan yang ada terbatas. Konsekuensi hasil jepretan bagus tapi biasa saja.

Setelah beberapa bulan disini, saya akhirnya memutuskan untuk membeli kamera baru dengan view finder, kembali ke jenis DSLR. Lagi-lagi ketika melakukan review baik itu kualitas kamera maupun harga, kamera yang dijual di Belanda harganya mungkin 0.5-1.5 kali lipat dibandingan dengan harga di Indonesia. Saya mencoba untuk meminta tolong kawan yang lagi di Jepang untuk dititipi, tapi semua hasilnya nol besar :D.

Pertimbangan kembali setelah melakukan beberapa review untuk membeli DSLR karena saya ingin melengkapinya dengan housing untuk underwater. Melalui beberapa website review kamera dan youtube tentunya saya menemukan Canon Powershot D30, yakni kamera pocket yang memiliki ketajaman gambar setara canon DSLR saya dan bisa underwater hingga kedalaman 25meter. Well, well, well, warna yang menarik juga menjadi nilai plus. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba canon D30.

Berikut hasil gambarnya dan videonya:

IMG_0065

IMG_0397

IMG_0286

IMG_0294

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *