Catatan awal tahun

Tahun lalu saya menulis catatan akhir tahun, sebagai pengingat dari kegiatan dan perjalanan yang telah saya lalui di tahun 2017. Sebaliknya, tahun ini saya ingin menulis catatan awal tahun, harapannya dapat dijadikan sebagai titik tumpu atau fondasi atas kegiatan yang akan saya lakukan di tahun 2019.

Cepat sekali memang waktu berlalu, tak terasa sudah tiga hari berselang memasuki tahun 2019. Masih ingat kala itu, di tahun 2000 ketika saya duduk di bangku sekolah dasar dan kata millenium sangatlah hits. Sebagai anak sekolah dasar, saya menikmati waktu dengan film Saras 808, sebagaimana anak sekarang mungkin menikmati berbagai macam film mancanegara yang tayang di televisi kabel ataupun netflix dirumahnya.

2019, setahun lalu tenggat waktu yang saya miliki untuk bisa menunaikan janji ke tanah suci, janji yang memang sebenarnya hanya bagai obrolan singkat yang bisa saja terbawa angin dan terlupa. Tapi saya yakin, kejadian-kejadian besar dalam hidup saya memang menjadi sedemikian rupa karena selentingan omongan yang mudah terlupa namun jadi doa yang mungkin kala itu terdengar oleh malaikat dan bisa saja diaminkan jika niatnya memang baik. Sekarang, seperti menghitung hari, sisanya tinggal 362 hari lagi, semoga. Aamiin

Awal tahun, banyak sekali seliweran berita yang entah itu dibuat sebagai resolusi yang sebenarnya ataupun hanya mengikuti kehendak sosial media. Berbagai macam orang mulai dari anak kecil yang sudah mengenal sosial media hingga orang tua yang baru belajar sosial media membagikan pemikiran dan resolusinya di awal tahun 2019. Kadang senang membacanya dan kadang juga menjadi pemacu motivasi untuk melakukan hal lebih.

Tahun ini sebagai catatan awal tahun ada beberapa hal yang mungkin bisa kita perhatikan dan cermati dengan seksama diantaranya:

  1. Kilas balik tahun 2018, coba renungkan bulan apa, Anda berada dimana dan apa yang telah Anda lakukan. Tentu sulit untuk ingat bukan? padahal itu belum lama loh, baru setahun yang lalu, nah solusinya adalah sebaiknya mencatat kegiatan harian Anda, walaupun memang terkesan old style jika masih memiliki diari atau buku harian, percayalah worth it loh. 
  2. Berapa banyak orang baru yang Anda kenal dan berhubungan baik dengan Anda, kesan yang mereka berikan dan kesan yang mereka terima. Sulit memang untuk tahu kesan apa yang mereka terima jika kita tidak bertanya atau jika meraka tidak mengutarakan kepada kita, disinilah tantangannya, tahun 2019, kita harus bisa peka membacanya.
  3. Berapa banyak orang lama yang Anda kenal dan tetap menjalin komunikasi meskipun tidak intense , setidaknya berkomunikasi dengan Anda.

Sedikit catatan awal tahun yang sebenarnya adalah catatan untuk perbaikan diri di tahun 2019 dan refleksi akan hal yang telah dilakukan di 2018.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *