Jerman vs Slovakia #UEFA2016 #football

Berawal dari postingan teman yang menjual tiketnya untuk menonton babak 16 besar sepak bola UEFA 2016 di grup PPI Wageningen. Akhirnya setelah melihat papan pertandingan, saya mencoba untuk menghubunginya dan mencoba untuk membeli tiket tersebut.Berdasarkan prediksi kalau benar, Jerman yang akan bertanding melawan juara ketiga dari group A atau B atau F. Alhamdulillah, saya memiliki keberuntungan, tiket tersebut berhasil saya booking dan saya beli. Tiket untuk pertandingan di Lille, 26 Juni 2016.

Berangkatlah saya dari housing tercinta a.k.a. Bornsesteeg pukul 7.48am menuju stasiunEde-Wageningen untuk menuju Rotterdam. Alhamdulillah singkat cerita pukul 10.15am kami sampai di Stasiun Rotterdam, karena tiket bus kami dari Rotterdam menuju Stasiun Lille Europe. Perjalanan menggunakan bus di Eropa sebenarnya sudah cukup nyaman, jalanan sudah mulus, bus nya gede-gede yang sama seperti lorena mungkin kalau di Indonesia atau Damri yang 70rb :D. Namun yang menjadi masalah bagi saya yang tidak begitu betah berlama-lama di bus karena menurut saya kadang kekurangan udara adalah setiap beberapa jam atau berganti negara bus akan berhenti istirahat sekitar 1 jam. Hal ini memang merupakan aturan karena sopirnya butuh istirahat dan demi keselamatan para penumpang semua. Mungkin ada yang mau berhenti makan, dan sebagainya.

Perjalanan dari Rotterdam menuju Lille, Perancis melalui Belgia, bus kami berhenti di Belgia dan taraaaaa berhentinya tak tanggung-tanggung 1.5 jam karena menunggu penumpang ada yang masih makan (tidak di bus intinya). Kami squad anak desa Wageningen karena Alhamdulillah berpuasa semuanya, hanya diam krik-krik di dalam bus, mau keluar namun posisi rintik-rintik, terpaksalah hanya diam di dalam bus. Alhamdulillah perjalananan kami lancar dan pukul 3.13pm sampailah kami di Stasiun Lille.

Sesampainya kami di Lille kami langsung mencari informasi kereta untuk kami pulang, di platform berapa harus kami menunggu, mengingat waktu dari selesai nya pertandingan yang akan berlangsung dengan tiket kami cukup mepet dan ternyata belum bisa dipastikan. Kami memutuskan untuk membeli tiket menuju Stadion Pierra Mauroy – Lille metropole, tempat dimana akan berlangsungnya pertandingan antara Jerman dan Slovakia dalam babak 16 besar. Membeli tiket untuk pulang dan pergi dari dan ke stadion selesai kemudian kami mengikuti jejak langkah kaki di lantai yang mengarahkan tujuan untuk ke lokasi.

Ramai sekali memang, pendukung kedua negara sudah berkoar-koar menyorakkan yel-yel negaranya masing-masing. Dukungan yang tak tanggung-tanggung mereka berikan terutama bagi pendukung Slovakia untuk ke Perancis, karena Jerman dan Perancis ya bisa dibilang lebih dekat jaraknya daripada Slovakia Perancis. Namun, Jerman pendukungnya mungkung 70% memenuhi tribun. Saya mendapatkan Block E27, Row 56 dan Seat 144, yang posisi nya tentunya tidak di depan tapi tidak juga terlalu di belakang. Maklum, tiket mahasiswa :D, menyesuaikan dengan kantong. Berikut video pembukaan Germany vs Slovakia bisa di klik disini

IMG_0557 - Copy

Begitu squad Jerman memasuki lapangan untuk pemanasan, gemuruh penonton memenuhi stadion, teriak-teriakan senada sambung menyambung menjadi satu. Alhamdulillah akhirnya saya bisa checklist salah satu bucket list saya menonton pertandingan bola Jerman secara langsung. Jerman juga memenangi pertandingan dengan hasil 3-0 kalau saya Mesut Ozil berhasil melakukan pinalti skor akan menjadi 4-0, namun tak apalah. Skor 3-0 juga cukup memuaskan. Video Ozil melakukan pinalti (yang belum berhasil) disini

Berikut beberapa dokumentasi yang berhasil saya abadikan dengan canon D30:

IMG_0546 - Copy

IMG_0541 - Copy

IMG_0508 - Copy

IMG_0529 - Copy

IMG_0513 - Copy

IMG_0512 - Copy

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *