Mengenal lebih dekat bentik makroinvertebrata


Bentik makroinvertebrata???

Tik tok tik tok,,, mikir!!! Iya tidak banyak orang yang mengerti akan makna dari bentik makroinvertebrata. Tetapi jika saya sebutkan kepiting, udang, rajungan, ataupun kerang pasti kawan-kawan tahu bukan? Iya, karena mereka sangatlah dekat hubungannya dengan manusia, kita pernah melihatnya atau bahkan mengonsumsinya. Perlu diketahui, bahwa golongan kepiting, udang, rajungan ataupun kerang adalah salah empat contoh dari kelompok bentik makroinvertebrata. Bentik makroinvertebrata adalah hewan-hewan atau organisme yang hidup atau tinggal di dasar suatu perairan, tidak memiliki tulang belakang dan ukurannya bisa dilihat dengan menggunakan mata.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa kita perlu mengenal lebih dekat tentang bentik makroinvertebrata??? Okay, jika saya tanyakan seberapa sering kawan-kawan mengonsumsi udang, kepiting, kerang atau sejenisnya, disinilah semua mungkin bisa dijelaskan. Bentik makroinvertebrata sebutlah BM, biasanya dijadikan sebagai bioindikator, indikator biologi untuk melihat keadaan atau tingkat kesehatan suatu lingkungan. Hal ini dinilai efektif karena jika kita hanya mengukur kualitas air pada perairan semata maka kita tidak bisa mendapatkan gambar keseluruhan dari polutan-polutan apa saja yang ada di perairan tersebut. Sedangkan BM adalah organisme yang tinggal diperairan tersebut, sehingga bisa kita logikakan bahwa BM akan mengakumulasi polutan-polutannya.

Nah disinilah pentingnya kita untuk mengenal lebih dekat dengan BM. Kita perlu tahu, darimana udang, kepiting, rajungan ataupun kerang kita berasal, apakah didapat dari lingkungan yang berpolusi? apakah ditangkap di lingkungan yang bersih? Jadi, buat kawan-kawan atau ibu-ibu nih, jika berbelanja tanyakan dahulu kepada penjual darimana beliau mendapatkan kepiting, udang ataupun kerang-kerangannya. Jangan-jangan selama ini, jika kita berpikir ingin makan sehat dengan mengosumsi makanan laut, malah sebaliknya, anda memakan makanan yang memiliki polutan yang tinggi.


Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *