Berkenalan dengan R

Ada berbagai macam cara dalam melakukan analisis data, baik yang data nya kualitatif maupun kuantitatif. Baik dari bidang ilmu pengetahuan, sosial, maupun budaya. Sudah lumrah sepertinya jika melakukan penelitian, jika berhadapan dengan data haruslah dipaketkan dengan analisisnya. Kali ini saya ingin sedikit bercerita mengenai data penelitian saya yang akan saya analisis dengan menggunakan program R. R adalah salah satu program statistik yang bisa download oleh siapa saja dan dipergunakan secara luas karena memang program ini bersifat open source. 

Saya baru berkenalan dengan R pertama kali pada 26-28 Oktober 2016 pada saat mengikuti pelatihan yang diadakan oleh ITK FPIK IPB. Pelatihan ini merupakan pelatihan dengan perkenalan singkat tentang program R, bagaimana cara agar data bisa terbaca dalam program tersebut, membuat matriks dan lain sebagainya. Jujur saya, pelatihan dua hari sebenarnya tidak cukup memang, namun untuk perkenalan dan langkah awal saya sudah cukup senang. Sekembalinya saya dari fieldwork, langkah selanjutnya yang harus saya lakukan adalah menganalisis data.

Sampai akhirnya, saya harus berkenalan lebih lagi dengan si R. Sebagai pemula, saya membaca buku R for Dummies, dilengkapi dengan Numerical Ecology with R . Berikut tahapan bagi kawan-kawan yang belum sama sekali mengenal R seperti saya:

  1. Sebelum berkenalan dengan R, marilah sejenak kita berpikir dulu analisis seperti apa yang kita inginkan pada data yang telah atau akan kita miliki. Hal ini penting mengingat R dapat melakukan banyak hal tergantung tujuan dari user.
  2. Setelah menemukan analisis seperti apa yang diinginkan, pastikan bahwa kawan-kawan juga membaca tentang beberapa paket (package) yang bisa dijalankan di R yang sesuai dengan tujuan analisis kawan-kawan. Dalam kasus saya, bidang ekologi kebanyakan menggunakan vegan package
  3. Jika membaca buku, hendaklah install program R dan R studio terlebih dahulu ke perangkat komputer kawan-kawan, karena buku isinya kebanyakan berupa script yang jika tidak kita lakukan akan bingung 100%.
  4. Hands on!!! Selaku user dalam program R, HINDARI BERTANYA sebelum mencoba, karena bertanya misalnya kepada yang sudah ahli, for sure kalian akan merasa minder dan mungkin mikir apa yang doi lakukan, ketik-ketik tiba-tiba keluarlah plot-plot gambar, etc. Selaku PEMULA saya sangat MEREKOMENDASIKAN untuk hands on!!! Karena dengan demikian kita sendiri akan paham kenapa bisa a dan kenapa bisa b.

Sudah 5 hari ini saya mencoba berkenalan lebih dekat dengan R dan sudah dua kali dibantu dengan arahan orang yang ahli R. Terima kasih :). Semoga dalam satu minggu ke depan, data saya bisa diolah dengan analisis yang sesuai dan benar. Aaamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *