Hari Ke-empat #Malta

4 Juni 2016, FREE DAY!!!!

Hari ini kami tidak melakukan tugas seperti hari-hari lainnya. Namun, bukan berarti kami tidak mempunyai kegiatan untuk dilakukan. Kami hari ini berniat dan melaksanakan kunjungan ke pulau sebelah yang dijuluki dengan Sister Island, Gozo. Gozo adalah salah satu pulau kecil yang sangat dekat jaraknya dengan Malta. Konon katanya pulau ini menawarkan paradise kepada para pengunjung. Kami, 15 orang termasuk salah seorang dosen berniat melakukan diving di Malta. Hal ini dikarenakan beberapa website menyebutkan bahwa berkunjung ke Malta wajib hukumnya untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Perjalanan dari hostel NSTS di Sliema menuju ke Bus Stop terdekat untuk menuju ke Gozo, yakni bus stop Antik. Kemudian dari bus stop Antik dapat langsung melakukan perjalanan ke Gozo dengan bus 222 atau bus 13 berhenti di salah satu bus stop dekat Mc.D dan lanjut naik 222 lagi. Dikarenakan hari ini adalah weekend, sabtu pula alhasil kami berjejalan di bus berebut tempat untuk menuju ke Gozo.

Perlu dicatat bahwa bus di Malta tidak sama dengan bus di Belanda yang sudah tertata rapih untuk penumpang yang turun dan masuk, dengan jadwal berangkat bus yang berdekatan. Bus disini datangnya lumayan lama dan meleset dari jadwal yang sudah ditetapkan. Well juga penumpangnya masih kadang kurang tertib. Selain itu, sopir bus nya rada-rada ganas bin ajaib, bus sudah penuh penumpang namun beliau tetap memaksanakan bahwa masih bisa dimasuki oleh penumpang lainnya. Setelah turun dari bus 222 di Gozo, perjalanan dilanjutkan 30 menit dengan menggunakan kapal ferry untuk menyeberang ke pulau Gozo. Tenang anda tidak perlu membayar ferry waktu pergi, akan tetapi membayar waktu pulang :).

Sebagai catatan kecil, bus di Malta sekali perjalanan memakan biaya 1.5 euro. Jika anda traveller dan akan menghabiskan waktu sekitar 6-7 hari di Malta ada baiknya membeli Talinja Card, seharga 21 euro dan anda bisa berkeliling seluruh Malta sepuasnya dengan transportasi bus. Info selengkapnya mengenai transportasi umum di Malta bisa di cek disini.

Singkat cerita sampailah kami di Pulau Gozo dan segera kami menuju Diving School yang akan menjadi pemandu kami menyelam di Malta. Karena tidak membawa kartu lisensi selam akhirnya saya melakukan trial dive. Biaya yang dikeluarkan untuk trial dive adalah sebesar 40euro dan untuk yang sudah mempunyai sertifikat membyawar 35 euro. Senang bisa melakukan penyelaman di negara lain selain di Indonesia. Akan tetapi sedih juga sekaligus, karena benar-benar dive yang di setting adalah untuk orang yang belum pernah melakukan penyelaman sebelumnya. Hasilnya kami hanya melakukan dive di sekitar bibir pantai saja dan mungkin maksimal hanya 6-7 meter. Saya melihat beberapa spesies seperti wrasse, parrot fish, shore crab dan sea grass yang tumbuh subur. Tak banyak spesies yang bisa saya lihat jika dibandingkan dengan 3 meter penyelaman di Indonesia tentunya.

Kemudian, setelahnya saya dan beberapa teman lainnya (4 orang) menyewa perahu untuk pergi ke Domino, Blue lagoon yang sangat terkenal keindahannya dengan warna laut yang biru menempus dasar laut dangkal. Terpesona saya oleh laut yang biru dan untungnya karena kami kesana sore hari sehingga pulau tersebut sudah sepi pengunjung dan bisa foto dengan seksama tanpa gangguan manusia dimana-mana :). Ditutup dengan makan malam di salah satu restoran dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit dari hostel.

WP_20160604_18_56_57_Raw_LI

WP_20160604_18_13_49_Raw_LI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *