Minggu pertama #Masterdegree

 

Menjalani kuliah kembali sejak di wisuda menjadi sarjana pada 15 November 2014, harus saya akui membutuhkan usaha yang lebih. Selain terhadap materi yang disampaikan juga dengan bahasa dan sistem yang membutuhkan waktu adaptasi. Alhamdulillah dalam selang waktu tersebut hingga menuju perkuliahan S2 dimulai, saya menghabiskan waktu dengan cukup efektif. Walaupun masih banyak beberapa kekurangannya. Pada bulan Desember 2014 saya habiskan untuk liburan, baik menikmati tempat-tempat wisata di Malang hingga Yogyakarta.

Bulan Januari hingga Februari saya mengikuti les bahasa inggris di kampung Inggris, Pare, Kediri yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 2-3 jam. Namun dengan medan dan jalan yang berliku yang cukup menyocok perut jika tidak dinikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang hijau dan sesekali terdengar aliran air.  Kemudian memasuki bulan Maret hingga Juni saya mengikuti program Marine Science Technology (MST) Training Course yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor atau yang akrab kita singkat menjadi IPB yang bekerja sama dengan DAAD Germany. Di dalam mengikuti pelatihan ini saya mendapatkan banyak pelajaran, selain membantu dalam proses penyegaran mata pelajaran sewaktu menjalani pendidikan sarjana. Saya juga secara langsung mendapatkan beberapa praktek lapang lengkap beserta laporan dan kemudian di presentasikan.

Menjalani program MST bersamaan dengan peserta lainnya selama 3 bulan dari pagi hingga sore dan malam pun hingga pagi lagi, membuat suasana semakin akrab. Sama seperti kekeluargaan, walaupun dengan background institusi yang berbeda. Namun kami memegang nama MST batch 2015. Selama menjalani program MST tidak juga saya tinggalkan tujuan saya untuk mencari sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Dalam waktu luang MST saya masih merevisi CV, Motivation Letter dan keperluan lainnya. Alhamdulillah banyak syukur juga saya ucapkan, kawan-kawan di MST memberikan semangat dan motivasi yang luar biasa. Hingga pada akhirnya pada 12Mei 2015 saya menerima kabar mendapatkan beasiswa STUNED untuk menjalani pendidikan Master Degree. Alhamdulillah

Menjalani pendidikan master degree memiliki arti kita menginjakkan ke jenjang yang lebih dalam lagi. Tidak hanya mengetahui masalah namun juga kita dituntut untuk mencari tahu asal usul masalah tersebut, menemukan metodologi untuk mengatasi serta memberikan penjelasan atas percobaan. Minggu pertama dalam menjalani S2 saya akui membuat saya sangat tertantang. Bahasa dan sistem yang berbeda tentu nya menjadikan tantangan ini semakin besar.

Periode pertama ada dua mata kuliah yang saya ambil yaitu: 1) Life history of aquatic organism dan 2) Marine Systems. Kedua mata kuliah ini memiliki nilai SKS/ECTS masing-masing 6. Setelah melihat indeks tingkat kelulusan mahasiswa terhadap mata kuliah ternyata keduanya memiliki nilai di atas 80% lulus. Semoga bisa menjadi bagian darinya. Aamiin.

Mata kuliah pertama terbagi ke dalam lecture, practical dan tutorial. Kemudian di mata kuliah yang kedua terbagi menjadi lecture, case study  dan practical. Berikut saya bagikan kepada teman-teman artikel yang saya dapatkan di minggu pertama perkuliahan sebagai bacaan wajib untuk kemudian di resume dan dipresentasikan.

1. Human Domination of earth’s ecosystem_Peter M. Vitousek
2. Rothschild_shannon_2004_Regime Shifts and fishery mgmt
3. Coral-algal phase shifts on coral reefs: ecological and environmental aspects
4. Climate-Change_Human_Impacts_Coral_Reefs_Hughes et al
5. Theo Ecology_NicheSpaceImaging_Nagelkerke_2014
6. Scaling up MPA
7. Stress in fishing commnity
8. TNC – MPA PolicyBrief

Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *