(tidak) lakukan ketika pertama tinggal di Belanda

Berikut beberapa hal yang terlintasĀ ditengah urusan pertesisan yang saya jadikan sebagai salah satu cerita mungkin menarik bagi yang akan tinggal di Belanda. Belanda, negeri kincir angin yang terkenal dengan keju, tulip dan sistem perairan yang bagus, negara yang memiliki luas yang tidak begitu luas (jika dibandingkan dengan Indonesia) dan hampir secara keseluruhan letaknya berada di bawah permukaan air laut. Bagi kawan-kawan yang akan menetap/tinggal di Belanda baik untuk tujuan studi, bekerja dan lain sebagainya, dibawah ini beberapa point yang bisa saya highlight dalam 2 tahun terakhir:

  1. Jika di undang makan malam bersama dirumahnya (orang belanda, anda beruntung, artinya anda sudah dianggap orang “penting” atau “dekat” dengannya), ingatlah selalu membawa oleh-oleh atau tidak dengan tangan kosong. Biasanya wong londo membawa bunga ataupun oleh-oleh lainnya ketika datang ke acara undangan makan malam, atau bisa juga membawakan buah tangan lainnya berupa minuman ataupun hal yang disenangi oleh si tuan rumah. Hal ini dikarenakan memang budaya nya seperti itu kali ya (saya harus lakukan literasi lebih lanjut mengenai ini).
  2. Jika di undang makan malam bersama (jika tidak disebutkan bahwa yang mengundang akan menjamu) sebaiknya tanyakan, apakah si tuan rumah yang akan menyediakan makanan atau bersifat potluck, dimana yang di undang pun membawa makanannya masing-masing dan nanti akan makan bersama. Hal ini penting terutama bagi warna negara Indonesia yang memiliki kebiasaan jika di undang siapapun dalam rangka makan bersama, selalu positive thinking bahwa yang mengundang akan menyediakan makanan. Nah, lain kasusnya disini kawan! Haruslah jelas ya,,,
  3. Jika ditawari makanan, AMBILAH SATU SAJA (kecuali jika tuan rumah atau yang menawarkan untuk mengambil lagi, kita juga bisa menilai itu sebagai tawaran basa-basi atau sebenarnya). Warga Belanda sangat terkenal dengan keefisienannya nah ini juga berlaku untuk makanan. Biasanya si tuan rumah sudah menghitung berapa orang yang akan hadir dalam acara bersangkutan dan menyediakan sesuai dengan jumlah tersebut. Kebiasaan warga negara Indonesia, karena saking terbawanya suasana di Indonesia yang jika mau ambil saja (makanannya), kadang ada beberapa juga yang masih terbiasa kebiasaan ini. Berhati-hatilah, karena ini kadang di nilai bahwa kawan-kawan “rakus” (tentunya dengan beberapa indikasi kasus yang sesuai ya).
  4. Jika di undang untuk merayakan hari ulang tahun. HENDAKLAH JUGA MEMBAWA UANG SENDIRI kecuali yang mengundang menyatakan akan membayar. Lagi-lagi ini kebiasaan di negeri kita kalau yang berulang tahun biasanya diminta untuk membayar atau istilahnya traktiran. TIDAK BERLAKU DISINI YA…
  5. Hati-hati tentang berkomentar penampilan atau bentuk badan seseorang walaupun kalian sudah sangat dekat, let’s say: CSan. Mengomentari (contohnya) “wah,, kamu kurusan ya”, atau “wah,, lebih berisi ya badannya”, kalimat ini di anggap kurang sopan. Penampilan adalah urusan pribadi masing-masing mengomentari bentuk badan atau tubuh orang lain walaupun teman dekat di anggap bukanlah hal yang wajar.
  6. Bawalah UANG PAS jika berbelanja di pasar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *