Alhamdulillah presentasi selesai!

Alhamdulillah presentasi mayor thesis saya hari ini, tertanggal 14 Maret 2017 akhirnya selesai. Namun, ada tanda tanya dari salah satu kawan, kenapa ekspresi saya biasa saja? Saya menjawab, masih ada sidang/pendederan teori-teori atau dikenal dengan ujian/defense. Bukannya berekspresi biasa saja namun saya hanya memang masih sulit untuk membuat selebrasi yang ekspresif karena memang masih ada satu tanggung jawab lagi yang belum selesai.

Akan tetapi, ada catatan penting, pelajaran yang bisa saya ambil hari ini. Ceritanya, pembimbingnya saya memang lagi sibuk dalam menyiapkan materi untuk perkuliahan dan penelitian-penelitian beliau, hal ini memang sudah tidak lazim kalau di tanah air. Bagusnya pelajaran yang bisa di ambil disini, beliau menjelaskan bahwa beliau akan sibuk dalam tenggang waktu kapan hingga kapan, sehingga kita sebagai mahasiswa bisa tahu dan memperkirakan kapan dan harus bagaimana bergerak/bertindak terhadap tesis kita. Dalam hal ini saya sempat menyatakan kepada beliau bahwa saya berniat untuk memesentasikan hasil penelitian saya pada 14 Maret 2017. Saya menyadari betul bahwa saya tidak bisa meminta terlalu banyak waktu beliau untuk mengecek laporan saya terlebih berdiskusi mengenai format serta isi dari power point yang akan saya tampilkan. Singkat cerita saya tidak meminta bantuan beliau terkait persiapan presentasi. Mungkin, yang namanya pembimbing, beliau akhirnya pada jumat pagi, 10 Maret 2017 mengirimkan email kepada saya, menanyakan bahwa “jika saya bisa mengirimkan draft presentasi kepada beliau, beliau akan bisa mengecek isi power point yang saya buat”. Akhirnya power point yang sudah 7/8 jalan saya kerjakan, saya kebut hingga siang hari sekitar pukul 1pm di hari yang sama untuk dikirimkan kepada beliau.

Sabtu, 11 Maret 2017 saya belum mendapatkan email balasan (memang karena baru satu hari dan sabtu adalah weekend). Akhirnya saya memutuskan untuk meminta bantuan dari kawan-kawan yang tergabung dalam keluarga cemara untuk meminta masukan dan mungkin pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat presentasi. Saya membuat janji akhirnya pada hari Minggu, 12 Maret 2017 malam hari setelah makan malam. Alhamdulillah saya mendapatkan beberapa feedback baik terkait segi tulisan, ukuran tulisan, urutan kemunculan teks dalam power point dan sebagainya. Tak berselang lama, ada email masuk dari pembimbing saya yang berisikan bahwa power point yang sudah saya buat sudah bagus dengan beberapa masukan dari beliau. Setelah saya baca kembali email beliau dengan lebih teliti, ternyata masukan dari beliau juga lumayan banyak, yang artinya ada di beberapa bagian saya kurang melakukan penekanan terhadap point yang saya anggap penting hingga ukuran dan kontras warna huruf. Woww, saya impressed sekali, dengan kesibukan beliau alhamdulillah saya bisa mendapatkan feedback yang sangat-sangat detail, terima kasih Bu Jenderal 😀

Senin, 13 Maret 2017, berdasarkan jadwal saya, saya akan ada dua meeting, yang pertama rapat dengan programme committee dan yang kedua rapat dengan marine lakes group. Entah mungkin alam semesta mendukung atau bagaimana, kedua meeting tersebut akhirnya di cancel baik dari programme committee ataupun kelompok marine lakes. Alhamdulillah dalam hati saya, saya masih memiliki satu hari lagi full yang bisa saya gunakan untuk latihan presentasi dan melancarkan pelafalan atau inti dari presentasi saya. Selalu saya hitung waktu selama saya latihan presentasi, karena berdasarkan beberapa masukan kawan-kawan, kalau saya presentasi-kadang seperti kereta api, terlalu cepat hingga kadang lupa bernafas :p.

Well, singkat cerita setelah melihat alur cerita dari power point yang saya buat dan waktu yang saya habiskan. Ada beberapa point yang saya hilangkan dari presentasi yang bisa diwakilkan penjelasannya dalam point yang lain, waktu saya latihan terakhir 14 menit 43 detik, waktu yang pas dengan jatah waktu maksimal 15 menit.

Hari ini, 14 Maret 2017, bertepatan dengan ulang tahunnya Einsten dan juga bertepatan dengan 7 tahun yang lalu ketika saya maju dipanggil sebagai Peraih Silver Medal dan terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk mengikuti ajang INEPO (International Environmental Project Olympiad), saya mengadakan seminar hasil tesis saya.

Alhamdulillah, tadi tepat pukul 12.53pm riuh ramai tepuk tangan dari penonton saya dengar dan saya terima. Kesenangan tersendiri saat melakukan dan menjadi seorang presenter adalah ketika selesai presentasi orang paham dengan apa yang kita omongkan, orang ingat tentang apa yang kita bicarakan. Sangat senang ketika saya bertemu kembali dengan mereka yang hadir dalam presentasi ingat dengan benthic macroinvertebrate (which is sangat jarang sekali bagi orang yang tidak dibidangkan bisa tahu) dan ingat dengan metode yang saya gunakan. Woww,,, seribu senang menjadi berlipat ganda, senang melihat mereka yang datang ingat dengan apa yang saya bicarakan, senang ketika mereka mengucapkan salam dan selamat, senang ketika dari depan berdiri melihat senyuman ketika mendengarkan saya berbicara, senang ketika semua orang senang dan merasa senang. Terlebih juga senang ketika melihat, mendengar dan membaca langsung teks dari pembimbing bahwa beliau senang dengan hasilnya. Serta yang terpenting adalah senang bisa memberikan kabar untuk orang lain yang bisa bikin mereka senang juga :).

What a day :).

Terima kasih semuanya kepada keluarga, kawan-kawan dan semuanya telah mendoakan, memberikan support dalam bentuk apapun!

Terima kasih kepada diri saya sendiri, Agustin Capriati, terima kasih telah selalu berusaha dan tidak berhenti berusaha untuk melakukan yang terbaik!

Wageningen, 14 Maret 2017, 8.46pm.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *