Wageningen Indonesia Scientific Exposure (WISE-2017)

Wageningen Indonesia Scientific Exposure adalah kegiatan pemaparan ilmiah oleh para mahasiswa PhD Indonesia di Wageningen University and Research (WUR), ajang yang akan inshaALLAH dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun ini adalah tahun kedua dilaksanakannya WISE (kalau saya tidak salah informasi). Tahun ini, WISE dibarengi dengan Dies Natalies WUR yang ke-99. Wow,, sudah cukup umur juga kampus ini, tahun depan satu abad usianya.

WISE ditujukan untuk mahasiswa PhD untuk memaparkan dan menunjukkan bidang keahlian apa saja yang sedang mereka geluti. WISE tahun ini juga ditujukan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Belanda dan Indonesia melalui kesempatan untuk berkolaborasi dalam berbagai bidang penelitian. Beberapa petinggi dari Kementerian Riset dan Teknologi (KEMENRISTEK), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta beberapa professor, dekan ataupun rektor dari beberapa universitas di Indonesia pun juga turut hadir.

WISE dibuka dengan sambutan oleh Prof. Henk Hogeveen dan dilanjuti oleh KBRI Bapak I Gusti Agung Wesaka Puja, serta dibuka oleh dua keynote speakers: Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, MSc dan Prof. dr.ir A.P.K. Mol. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi makan siang dan pemaparan materi oleh 6 mahasiswa PhD yang terpilih. Acara berlangsung dengan sangat menarik, ada juga sesi poster dan networking dinner. Beruntungnya saya bisa ikut belajar dan berpartisipasi sebagai tim hore, akhirnya bisa dapat makan malam gratis juga sekaligus berkesempatan bertemu dengan beliau-beliau yang sudah memiliki pengalaman yang lebih tentunya.

Berikut beberapa cuplikan singkat foto yang bisa saya abadikan:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *