Buku: mendapatkan dan mendonasikan (double benefits)

Hasil perburuan buku gratis dan donasi dari WUR

Bagi kawan-kawan mungkin sudah tidak asing lagi mendengarkan kata refurbishment atau barang-brang refurbish. Iyap, istilah ini biasanya digunakan oleh kaula muda Indonesia terkait dengan barang-barang elektronik yang sifatnya tidak original atau bongkar pasang. Menarik untuk di simak, kali ini refurbishment dilakukan oleh pihak perpustakaan kampus, Wageningen University and Research (WUR). Dimana pada summer yang akan datang akan adanya buku-buku gratis dari perpustakaan guna untuk memberikan ruang lebih untuk belajar (simak informasi lengkapnya disini). Namun, ternyata proses ini telah di mulai sekarang, hari pertama dalam musim semi (sprin), musim sebelum summer tentunya.

Berawal dari iseng-iseng membuka insta history teman, saya melihat update an informasi bahwasanya perpustakaan memberikan buku gratis (buku apa saja yang tersedia) dan kemudian kita bisa memberikan donasi seikhlasnya untuk memberikan dukungan biaya kepada mahasiswa di negara berkembang yang ingin melanjutkan studi nya di WUR melalui program The Anne van den Ban Scholarship Fund (informasi lengkap bisa dibaca disini).

Karena saya mengetahui informasi tersebut pada hari minggu dan telah lewat pukul enam sore. Sehingga, kesempatan terbaik adalah datang hari senin pada pagi harinya, sehingga kemungkinan koleksi buku free nya masih banyak. Alhasil, setelah berburu dan menyusuri beberapa rak-rak buku yang telah tersusun rapih, saya menemukan banyak buku yang sangat menarik untuk dibaca (meskipun belum tahu kapan bisa dibaca). Akan tetapi, worth it to have it! Foresmost, di Indonesia buku berbahasa Inggris (berbasis ilmu pengetahuan) sangatlah jarang di jual. Kesempatan bagus, menurut saya.

Saya mendapatkan 8 buku mulai dari Marine Science, PCR, Biodiversity, dan Ecology. Informasi ini juga kemudian saya bagikan kepada kawan-kawan di dalam group Wageningen, ya siapa tahu mereka juga membutuhkan buku nya. Selain itu, proses cuci gudang ini juga menurut saya sangatlah bermanfaat dan positif dampaknya. Selain sebagai mahasiswa saya mendapatkan buku gratis, saya juga bisa berasumsi mendapatkan nilai-nilai positif sebagai gantinya yakni dengan memberikan donasi untuk membantu calon mahasiswa dari negara berkembang untuk melanjutkan studi nya di WUR.

What a wonderful life!
Terima kasih WUR, hari ini bertambah lagi rasa bersyukur saya telah berkuliah disini.

Wageningen, 20 Maret 2017. Forum 3.37pm

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *