Bicarakan bidang ilmu yang anda sukai


Dare to talk about your field of work.

Akhir-akhir ini sering kali pertanyaan diajukan kepada saya terkait dengan apa pekerjaan saya, kemudian yang diimbuhkan dengan pernyataan “wah,,, enak ya jalan-jalan terus, liburan terus sepertinya”. Betul, karena dari beberapa foto yang sempat saya posting dan informasi yang saya bagikan kerap kali saya berada di pinggir pantai yang indah dan menikmati keindahan laut di Indonesia serta kadang juga mencicipi makanan khas daerah setempat khususnya di Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Bali. Nah mungkin inilah saatnya untuk saya menuliskan, bukan tentang pekerjaan saya, bukan tentang institusi dimana saya bekerja atau dengan siapa saya bertemu melainkan “what I am passionate about”.

Tidak pernah menyangka bahwa akan terlibat dan terjun langsung dalam dunia kelautan dan perikanan. Dulu, saya ingat sekali, senang menyaksikan beberapa tayangan berupa video-video tentang laut ataupun gambar-gambar pemandangan pantai. Benar saja, karena pantai adalah hal yang istimewa bagi saya. Bagaimana tidak, jarak dari rumah – tempat saya tinggal ke pantai terdekat adalah 8 jam perjalanan dengan perjalanan mobil, itupun sudah berada di provinsi yang berbeda. Jadilah pantai barang yang istimewa.

Alhamdulillahnya, saya berkesempatan untuk melanjutkan studi di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya. Semenjak itu, pantai merupakan salah satu rutinitas tempat yang saya kunjungi, bukan hanya untuk studi melainkan juga untuk berwisata ria. Setelah menyelesaikan studi sayapun mendapatkan kelanjutan untuk melanjutkan studi lagi di bidang ekologi hewan laut. Puji syukur Alhamdulillah masih memiliki kesempatan yang besar untuk memperdalam ilmu yang saya sukai.

Bidang yang saya geluti adalah tentang ekologi laut yang meliputi hewan-hewan, tumbuhan serta lingkungannya. Saya yakin dalam dunia akademisi bidang ini bukanlah bidang yang asing dan saya yakin sudah banyak juga ilmuwan atau orang-orang hebat bidang ini di Indonesia juga dunia internasional. Akan tetapi, bagi masyarakat awam ilmu ini mungkin ilmu yang masih tidak ada kejelasannya akan membahas tentang apa atau apa ini apa itu, pasti komentar yang akan keluar.

Hal yang saya sukai memang mungkin tidak umum, karena kebanyakan para orang tua ataupun anak-anak SMA yang mau melanjutkan kuliah berasumsi hanya untuk sekolah kedokteran, hukum, ekonomi ataupun teknik. Sedangkan bidang Perikanan dan Kelautan jarang sekali disebut. Well ya,,, here I am. Saya berani mendeklarasikan diri sebagai seorang pembelajar tentang ekologi laut, khususnya tentang berbagai jenis keanekaragaman bentik (hewan-hewan yang tinggal di dasar perairan) termasuk di dalamnya tentang terumbu karang, sponges, bivalvia (kerang-kerang) juga tentang alga. Tidak hanya tentang beranekaragam bentik, saya juga tertarik dengan hal-hal apa saja yang memengaruhinya dan kenapa bisa sedemikian aneka rupa nya. Sungguh menakjubkan melihat berbagai macam bentuk hewan dan tumbuhan laut yang berbeda-beda dengan warna-warna yang indah… Terlebih lagi, satu tahun menjalani dua tesis memupuk rasa yakin bahwa saya tertarik dan bahkan sangat mencintai dunia atau ekologi laut.

Bacaan tentang ekologi laut dapat dibaca disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *