Kantor Belastingdienst, Utrecht (urus subsidi)

Pengurusan subsidi, awalnya tidak mau dan/atau mau untuk menguruskan subsidi terkait dengan subsidi tempat tinggal. Hal ini dikarenakan banyak isu yang terdengar bahwa pada akhirnya nanti juga ditagih kembali, dengan artian tidak subsidi diberikan tapi mungkin subsidi diberikan waktu untuk mengurangi jumlah uang pembayaran housing.

Hari ini 2 Februari 2015 adalah jadwal yang telah ditentukan bagi saya untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan subsidi housing. Surat yang saya terima terkait tempat mengatakan bahwa alamat kantor yang saya tuju adalah Herman Gorterstraat 55, Utrecht. Namun, karena surat tersebut berbahasa Belanda, saya fotokan lah surat tersebut untuk dikirimkan ke Housingdesk yang akan membantu saya untuk menerjemahkan segala urusan housing. Di dalam email nya salah satu petugas housingdesk yang membalas email saya mengatakan bahwa saya dapat pergi ke Kantor Belastingdienst di Arnhem. Well, saya pun menanyakan kepada teman yang pernah ke kantor tersebut di Arnhem. Hasilnya saya mempunyai tujuan tempat baru yaitu Arnhem.

Sepeda saya, saya tinggalkan di Bus Station Wageningen kemudian saya mengambil line C untuk menuju Arnhem dan berhenti di WKC Kronenburg. Setelah turun, saya mengaktifkan mode offline di HP untuk mengakses peta secara offline, tidak lama kemudian saya memasukkan alamatnya. Namun, peta menunjukkan untuk menuju alamat yang saya masukkan membutuhkan waktu 18 jam 23 menit. What??? Langsung saya berpikir, pasti ada yang salah. Alhasil saya telpon lah teman yang memberikan dan mengarahkan alamat tersebut dan kemudian diberikan alamat yang baru. Sehingga saya bisa melakukan akses melalui peta offline dan benar saya, 8 menit berjalan kaki saya sampai di Kantor Belastingdienst Arnhem. Akan tetapi, setelah ke resepsionis dan beliau menanyakan undangannya dan menyatakan bahwa saya salah alamat. Harusnya kantor yang saya tuju adalah kantor Belastingdienst di Utrecht.

Nice,,, dalam hati saya,,, gerimis-gerimis begini dengan angin yang cukup kencang, saya salah alamat!!! Jika saya trace lagi ternyata tadi malam saya telah merencanakan untuk salah tempat, karena saya telah mengasumsikan waktu untuk mencari alamat memang cukup banyak dengan tujuan jika saya telah sampai di tempat lebih awal. Saya bisa duduk dan membaca dahulu. Namun saya, membaca tidak bisa dijadikan rencana yang baik kali ini, karena saya harus mencari alamat yang salah. Bukan cuma salah alamat tapi juga salah kota nya.

Kemudian saya mencoba segera menuju ke bus stasiun setempat untuk menuju ke Utrecht., karena aplikasi 9292 (aplikasi transportasi di Belanda) saya tidak berjalan di Windows phone. Alhasil saya merepotkan orang lain lagi, untuk menanyakan jika dari lokasi saya sekarang ke alamat kantor Belastingdienst di Utrecht naik apa. Akhirnya saya mendapatkan panduan perjalanan dan berhasil sampai ke stasiun Utrecht Central. Kemudian dari sana menuju ke alamat yang dituju bisa berjalan kaki sekitar 13 menit.

Lagi-lagi perjalanan kali ini memang cukup menantang dan melatih kesabaran, alamat yang harus nya saya tempuh dalam 13 menit, ternyata tidak sesuai dengan adanya dikarenakan beberapa jalan yang ditunjukkan oleh peta lagi dalam perbaikan. Hingga 1 jam saya berjalan alamat tidak ditemukan dan saya sudah mengitari Utrecht Central dan sekitar nya dengan berjalan kaki. Sampai pada akhirnya, saya putuskan untuk menutup handphone dan mencoba peruntungan untuk membawa kertas alamat dan bertanya kepada orang yang mukanya meyakinkan untuk membantu :D.

Dua, tiga orang yang saya tanyakan ternyata tidak ada yang tahu dengan alamat yang saya berikan. Memang hal ini dikarenakan mereka bukan penduduk setempat. Sampai akhirnya ada 3 orang wanita (orang Turki kemungkinan) saya bertanya dan dijawab alhamdulillah dengan menunjukkan gedung di belakang/depan Utrecht Central. Well, tersenyum saja saya dengan panduan yang diberikan, karena tempat tersebut sudah 3 kali saya putari namun tidak ada yang tahu dengan alamatnya.

Sampai akhirnya saya putuskan ya sudahlah, kemana kaki melangkah itu adalah jalan yang benar. Lelah bertanya saya akhirnya menikmati pemandangan Kota Utrecht, melihat gedung-gedung nya yang masih bergaya Eropa lama dan sedikit bercampur dengan kemodernan. Namun, melihat jam tangan waktu menunjukkan pukul 1.37 yang artinya 13 menit lagi menuju jam yang harus nya ditentukan untuk saya datang ke kantor Belastingdienst. Saya putuskan untuk bertanya kepada satu orang lagi, sempat mau menunjukkan alamat yang saya tuju. Bapak-bapak tersebut sepertinya sudah tahu apa yang ingin saya tanyakan. Kemudian beliau bilang, okay, come with me. Saya tidak langsung berjalan bersama beliau, melainkan menanyakan kembali “bapak melewati alamat ini???” beliau menjawab: “ya kantor saya tepat dibelakangnya”. Akhirnya saya berjalan dengan beliau, sempat tidak percaya akhirnya saya keluarkan HP saya untuk menggunakan peta menuju alamat dan benar saja, HP saya berfungsi sebagaimana seharusnya dan arah yang benar. Bapak tersebut kemudian berbaik hati malah menjelaskan beberapa gedung yang kami lewati, Mulai dari Bank, Pengadilan dan beberapa gedung perpajakan lainnya (pendidikan, rumah, air, etc). Tepat pukul 1.48 saya sampai di depan alamat yang dituju Herman Gorterstraat 55, beliau mengatakan ini tempatnya dan lokasi Belastingdienst adalah tepat memasuki ruangan sebelah kanan.

Well, akhirnya saya datang ke kantor Belastingdienst tepat pada waktunya janjian. Betapa pelajaran yang berharga hari ini, “ketika kita sudah lelah, sudah mencoba dengan berbagai cara, namun kadang memang belum bisa mendapatkan atau bertemu dengan yang kita inginkan, maka istirahatlah sejenak, biarkan seperti air mengalir, maka akan ada, tepat pada waktunya jawaban atas keinginan kita. Waktu adalah Rahasia Milik Allah”.

Court_Utrecht

Court_Utrecht

Herman Gorterstraat

Herman Gorterstraat

Bank

Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *