Welcome December

whatsapp-image-2016-12-02-at-16-57-17What??? December??? 2016??? Wowww perasaan baru saja kemarin menikmati penutupan tahun baru 2016 dengan sebuah tos jus jeruk dan menyalakan petasan di Luneburg, Jerman. Sekarang ternyata sudah 1 Desember lagi, yang artinya tinggal menghitung hari menunggu akhir dari tahun 2016. Kemarin saya sudah tiba kembali di Wageningen, sekitar pukul 10am mungkin, suhu udara rata-rata minus 1 derajat celcius. Memang sempat kaget karena dari Jakarta suhu terakhir yaitu 29 derajat dan ke minus satu artinya selisih 30 derajat. Super….

Hari ini, tepat pukul 10.30 pagi akan ada seminar dari Pak Ricardo F. Tapilatu, seorang dosen Senior di Universitas Papua (UNIPA) yang akan menyampaikan penelitian dan pengalaman beliau berjibaku dalam konservasi penyu belimbing (leatherback seaturtle). Saya bertemu dengan dosen pembimbing saya yang telah duduk dan mengobrol bersama Pak Ricardo, disambut dengan pelukan hangat saya ditanyai mengenai bagaimana perjalanan saya kemarin.

Kemudian saya dikenalkan dengan Pak Ricardo, personally saya sangat senang jika dikenalkan dengan orang baru, apalagi beliau-beliau yang sudah memiliki ilmu dan pengalaman luar biasa. Alhamdulillah sempat mengobrol dengan Pak Ricardo beliau menanyakan mengenai rencana penelitian (minor thesis) saya yang inshaAllah akan saya laksanakan di Raja Ampat. Selepas dari obrolan singkat dengan Pak Ricardo, peserta seminar sudah mulai memasuki dan mengisi bangku-bangku di ruangan, ada juga Leo (chairholder dari student committee). Beliau juga menyampaikan “welcome back Agustin! “. Senang rasanya saya bisa kembali ke lingkungan dengan atmosfer orang-orang yang selalu bisa menjadi inspirasi saat ini.

Materi yang disampaikan oleh Pak Ricardo begitu menarik, mulai dari bagaimana konservasi penyu belimbing yang telah dilakukan, kerjasama dengan berbagai pihak untuk melindungi penyu belimbing, hingga video tentang penyu belimbing yang sedang mengonsumsi ubur-ubur. Saya juga bertemu dengan dua mahasiswa PhD di chairgroup yang menyambut juga dengan kata selamat datang kembali, bertemu juga dengan beberapa mahasiswa PhD Indonesia yang sedang berkecimpung dalam penelitiannya, saya merasa sangat beruntung hari ini, memiliki kesempatan untuk bercengkrama dengan orang-orang sukses dan orang-orang besar. Semoga nanti ke depannya bisa seperti beliau semua :).

Tidak hanya itu, saya juga berkesempatan untuk menikmati makan siang bersama dengan Pak Ricardo, Lisa, Diede, Christian dan Pak Audriey. Well done, cuaca dingin tetap hangat terasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *